• Breaking News

    Wednesday, November 21, 2012

    Kemenkominfo Pastikan Set Top Box TV Digital Harus Buatan Dalam Negeri


    UNTUK memuluskan peralihan TV Analog ke TV Digital, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan membagikan sejuta Set Top Box sebagai bagian dari kampanye TV Digital. Rencananya semua alat itu harus diproduksi di dalam negeri.

    "Kami akan bagikan sejuta Set Top Box sebagai bagian dari kampanye TV Digital," katanya di sela-sela acara buka puasa bersama di rumah kediaman Kemenkominfo di Jalan Widya Candra, Jakarta, Kamis (2/8). Menurutnya, pihak swasta yang memenangkan tender TV Digital juga akan melakukan hal yang sama. Tapi tentunya merknya akan disesuaikan dengan perusahaan tersebut.

    Dia menjelaskan usaha pemerintah ini dikhususkan bagi konsumen TV kalangan bawah agar tidak perlu membeli perangkat televisi baru pada saat Indonesia tidak lagi menggunakan TV Analog di tahun 2018. "Rencananya semua alat ini kami wajibkan harus diproduksi di dalam negeri. Harganya tidak lebih Rp. 1.000.000. Tapi saya mendapat tawaran dari SMK bahwa mereka bisa produksi massal dengan harga Rp. 85.000 per perangkat," katanya.

    Dia menjelaskan perangkat ini hampir sama dengan box TV kabel. "Cuma rangkaiannya lebih simple, di dalamnya cuma beberapa antenna. Saya tahu percis komponennya bagaimana, karena saya dulu tamatan STM Elektro," katanya. Dia mengatakan bahwa sekarang ini juga sudah hadir perangkat TV yang sudah digital dan dapat langsung menerima siaran.

    Seperti diketahui, untuk menikmati siaran TV digital diperlukan satu set televisi yang memiliki kemampuan menerima sinyal digital. Namun tidak perlu mengganti TV dengan yang baru, karena secara virtual semua TV analog dapat menerima siaran digital dengan menambahkan sebuah alat yang dinamakan Set Top Box.

    Pihak swasta, kata dia, juga diwajibkan untuk menggunakan perangkat yang dibuat di dalam negeri. Pembagian Set Top Box yang dilakukan pemerintah, tambah dia, dikhususkan bagi kalangan yang tidak mampu. "Orang kaya, pastinya tidak dapat. Mereka dapat membeli sendiri," katanya.

    Sumber

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email