• Breaking News

    Monday, November 5, 2012

    Raad Air Defense System: Sistem Pertahanan Baru Dari Iran







    UNTUK memantapkan pertahanan udaranya, Iran meuncurkan Raad Air Defense System pada September lalu. Sistem pertahanan udara yang baru ini luput dari perhatian orang, karena Iran dikhabarkan akan meluncurkan sistem pertahanan udara yang lebih canggih sekelas S-300 bernama Bavar 373 yang sampai sekarang ini dikhabarkan baru kemajuan 33% dalam pengembangannya.

    Raad Air Defense System dipangkul oleh sebuah truk yang sepertinya tidak lazim dan mirip dengan truk-truk pengangkut rudal dari Rusia. Daya jangkau Arhanud ini mencapai 50 km dan hanya dikenal sebagai pertahanan menengah. Iran telah mempunyai sistem yang sama tangguhnya untuk kategori ini bernama Mersad Air Defense System

    Banyak kalangan yang menilai sistem ini merupakan contekan dari BUK-M2 systems. Namun ada perbedaan karena Raad menggunakan tiga tingkat roket dibandng BUK yang hanya dua tingkat. Di lain pihak, Iran tidak pernah membeli sistem ini dari Rusia walau ada tudingan bahwa sistem tersebut bisa saja dibeli dari Syria.

    Sistem BUK buatan Rusia dikopi oleh berbagai negara. Salah satunya adalah oleh India yang namanya diganti menjadi Akash Air Defense System.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email