• Breaking News

    Monday, December 10, 2012

    Inilah Lima Ciri TOT atau Childish Coworker


    DALAM dunia kerja, terkadang seseorang menghadapi rekan kerja yang bersikap sangat menyebalkan alias Terrible Office Tyrants (TOT) atau kekanak-kanakan alias Childish Coworker (CC). Mereka ini biasanya lebih mementingkan diri sendiri daripada memajukan perusahaan.

    Sikap TOT atau CC bahkan nampak sangat mengerikan dimana pada saat tertentu mereka bahkan berniat menggembosi perusahaan dengan menjebak anda untuk ikut andil. Dalam titik tertentu, dia bisa bersikap seolah simpati dengan mendorong atau mengajak anda keluar perusahaan karena dia sedang kecewa kepada perusahaan. Namun, pada saat dia memegang jabatan, sikapnya bisa berubah; berlagak.

    Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri dan tipe-tipe rekan kerja yang berpotensi seperti ini. Psychologytoday.com menjelaskan beberapa tipe dari rekan kerja yang menyebalkan seperti ini;

    1. Berlagak 'Sok Jadi Panglima'. Sikap ini terlihat pada saat anda berada dalam situasi tertentu bersamaan. Lalu, misalnya, anda memberikan sebuah masukan, melalui usulan maupun tindakan. Pada awalnya para TOT atau CC tiba-tiba mendapat ide. Usulan atau tindakan anda mungkin bagus tapi akan digunakan untuk 'mengerjai' anda.

    Dalam bentuk usulan, biasanya ditanggapi, "Itu ide yang bagus, bagaimana kalau anda mengambil peran utama dalam itu?". Sekilas TOT atau CC seperti menghargai usulan tersebut, tapi yang terjadi adalah mereka lebih perduli untuk meninggikan kedudukan mereka. Sehingga bila anda melaksanakan usulan anda sendiri, anda ternyata telah bekerja untuk kepentingan pribadi semua orang selain kepada perusahaan.

    2. Tipe yang kedua adalah 'Bossy Brat'. Istilah ini hampir sama dengan ciri yang pertama di atas. Seorang TOT atau CC biasanya secara diam-diam atau terang-terangan melecehkan anda, dengan cara meremehkan dengan nada canda. Seperti memplonco atau mem-buly di jaman-jaman sekolah pada usia anak-anak. Mereka sangat demonstratif untuk menunjukkan anda harus melaksanakan keinginannya. Walau bila anda melakukannya, belum tentu diapresiasi, karena yang dia lebih inginkan, adalah anda merasa terintimidasi, bukan yang lain. Terkadang TOT atau rekan kerja kekanak-kanakan seperti ini tidak menunjukkannnya di depan umum. Namun, dia akan melakukannya pada saat berdua, melalui BBM, email dan lain sebagainya.

    Sebenarnya bila ada rekan kerja yang menjadi pengganggu, bahkan sudah melanggar norma hukum atau dengan cara apapun, anda layak melaporkannya ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM). Namun dalam banyak kondisi, sikap TOT dan kekanak-kanakan itu menjadi sangat menjengkelkan, dengan sengaja mengkondisikan anda dalam kondisi tertekan untuk depresi atau stress sehingag tidak produktif tapi pada level tertentu semua itu belum layak untuk dilaporkan.

    3. Ciri yang ketiga adalah Blaming Backstabber alias tikam belakang. Bisanya seorang TOT atau rekan kerja kekanak-kanakan terlihat dapat dipercaya. Namun pada kenyataannya, dia berusaha menciptakan opini dan ketidakpercayaan serta hal-hal yang buruk di belakang punggung anda. Semua itu pada ujungnya bertujuan untuk merusak karir atau pekerjaan anda. Dia mencoba terlihat hebat sekali, di depan semua orang, dengan membuat anda atau rekan-rekan lain terlihat sangat buruk. Seorang seperti ini, biasanya akan suka mengomongi anda di grup atau milist yang ada tidak terlibat di dalamnya.

    4. Glory Hogs. Tipe TOT atau rekan kerja kekanak-kanakan seperti ini biasanya mengambil keuntungan dari posisinya untuk mendelegasikan kepada anda pekerjaaan ekstra di luar semestinya. Dengan harapan anda gagal melaksanakannya, namun bila berhasil dia tidak canggung-canggung untuk mengambil kredit atau mengklaim dia yang melakukannya. Mereka tanpa malu membuat diri mereka tampil heroik dan dapat membutakan anda dan semua orang di perusahaan. Mereka bisa saja bekerja sebagai mitra dengan anda, kemudian bertindak seorang-olah anda tidak eksis pada saat evaluasi yang bagus. Orang seperti ini juga tidak segan merusak hasil pekerjaan anda, baik secara terang-terangan maupun sebaliknya.

    5. Solo Flyer. TOT atau rekan kerja seperti ini biasanya bekerja untuk kesuksesan pribadi bukan produktivitas perusahaan. TOT tipe ini tidak segan-segan memperburuk nama perusahaan atau pemilik perusahaan bila dia sedang terjepit atau sedang membutuhkan strategi itu.

    Dia akan memprovokasi semua karyawan untuk demo, keluar atau mogok baik dengan cara mengintimidasi perusahaan maupun mengancam membuat kerusuhan. Namun, pada saat posisisnya di atas atau sudah menjabat, sikapnya bisa berubah 180 derajat. Semua perkataannya bisa dengan gampang dijilat kembali seakan-akan tidak ada sesuatu terjadi selama ini. Orang seperti ini tidak akan sungkan 'menghabisi' karir atau pekerjaan orang lain yang dianggapnya tidak dapat dipelakukannya dengan semena-mena.

    Dengan mengetahui tipe TOT atau Childish Coworker seperti ini, anda akan lebih mudah menempatkan posisi darinya. Tentunya, tugas terutama dalam pembinaan TOT maupun CC adalah di tangan SDM. Perusahaan dapat memberikan ruang pada perbaikan karyawan kekanak-kanakan dengan menunjukkan sikap kebapakan (parental) karena masalah ini berubungan dengan mentalitas yang tidak berkembang, atau childish.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email