• Breaking News

    Sunday, January 19, 2014

    'Bahas Banjir Jangan Musim Hujan Saja'

    Tobapos -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan persoalan banjir tidak hanya dibahas saat musim banjir saja, tapi harus dibicarakan tuntas secara terus menerus.

    "Persoalan banjir mari kita bicarakan bersama, sepanjang waktu jangan hanya saat banjir saja, banjir telah selesai pembicaraan juga selesai pula. Tiap tahun begitu," ujar Aher saat meninjau Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu.

    Aher menyebutkan, pengalaman yang sudah-sudah bisa dijadikan pembelajaran bahwa persoalan banjir harus dibahas bersama-sama secara tuntas.

    "Ini sudah jadi pengalaman, mari bersama-sana belajar dari pengalaman Pemerintah Pusat, Jabar, dan DKI, ini tahun terakhir bahas banjir saat banjir. Pemerintah dari hulu hingga hilir," ujar Aher.

    Politikus PKS ini mengatakan upaya telah dilakukan sejumlah pihak dari hulu, tengah hilngga hilir.

    Di hulu dan tengah telah dilakukan lewat penataan kawasan Puncak dengan pembangunan vila liar.

    "Untuk kawasan tengah kita akan membangun dua waduk di kawasan Ciawi untuk menampung air jangan langsung masuk ke Ciliwung," ujarnya.

    Selain itu, lanjut Gubernur, akan dibangun sejumlah setu-setu buatan dan memaksimalkan setu alam serta embung di wilayah tengah.

    Upaya lainnya, lanjut Gubernur, melakukan sodetan dari Ciliwung ke Cisadane untuk mengurangi beban Ciliwung.

    "Tapi sodetan yang dilakukan skala kecil jangan sampai membebani Cisadane karena akan berdampak banjir bagi Tanggerang," ujar Aher.

    Terkait sodetan ini, lanjut Aher merupakan ikhtiar dari Pemprov Jawa Barat dan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Tanggerang.

    Aher menambahkan, pembicara intensif terkait bajir akan dibicarakan besok antara Pemprov Jabar, DKI dan Kementerian PU.

    "Pembicaraan harus intensif soal penanganan banjir, jangan pas musim banjir saja setelah itu hilang. Tapi harus sampai tuntas," ujarnya.

    Gubernur Jawa Barat didamping istri melakukan peninjauan di Bendung Katulampa. Di dampingi Andi Sudirman yang memberikan keterangan terkait situasi terakhir kondisi di bendung.

    Aher juga menyempatkan diri menyapa warga masyarakat serta petugas penjaga bendung dan anggota Polmas yang bertugas melaporkan ketinggian air Sungai Ciliwung.

    Seperti yang diberitakan sebelumnya, ketinggian Bendung Katulampa berstatus siaga banjir akibat hujan yang terus mengguyut kawasan Bogor dan Puncak.

    Hari Minggu ini ketinggian Bendung Katulampa bertahan di siaga empat banjir mulai dari 90 cm hingga pukul 18.33 WIB bertahan di 70 cm.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email