• Breaking News

    Thursday, January 30, 2014

    Garut Buru Penggelap Raskin

    Tobapos -- Kejaksaan Negeri Garut memburu dua penadah atau pembeli beras program raskin dari Kepala Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tersangka penggelapan raskin tahun 2012 dan 2013.

    Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Agus Suratno, Kamis mengatakan tersangka Tatang Ahab (34) menjual lima alokasi raskin kepada kedua orang yang baru dikenal.

    Kedua penadah itu, kata Agus, identitasnya belum diketahui dan Kejaksaan Negeri Garut memasukan orang tersebut dalam daftar pencarian orang (DPO).

    "Tersangka mengaku menjual raskin ke orang yang baru dikenal, uang hasil penjualan oleh tersangka digunakan untuk kepentingan pribadi," katanya.

    Sementara itu, penggelapan raskin terungkap setelah sejumlah warga Desa Karyamekar mengeluh tidak menerima raskin selama beberapa bulan tahun pendistribusian 2012 dan 2013.

    Hasil penyelidikan Kejaksaan, raskin yang tidak didistribusikan di desa tersebut pada September, Desember, dan raskin ke-13 tahun 2012 serta Februari dan Maret 2013.

    Raskin yang diselewengkan sebanyak 45.555 kilogram dengan nilai kerugian negara berdasarkan hasil audit Inspektorat Kabupaten Garut sebesar Rp272.923.530.

    "Kerugian negara berdasarkan hasil audit Inspektorat Kabupaten Garut adalah Rp272.923.530," kata Agus.

    Kejaksaan Negeri Garut sudah menangkap tersangka penyelewengan raskin dan menahannya di Rumah Tahanan (Rutan) Garut, Rabu (29/1) untuk kepentingan proses pemeriksaan hukum lebih lanjut.

    Tersangka dijerat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara. (ant/mar)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email