• Breaking News

    Sunday, January 19, 2014

    Ketika “Sang Kyai” Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2014

    Tobapos -- Setelah meraih penghargaan sebagai Film Terbaik pada Festival Film Indonesia (FFI) 2013, film “Sang Kyai” yang mengangkat perjuangan pendiri Nahdhatul Ulama, Hadhratusy Syaikh Hasyim Asy’ari  akan mewakili Indonesia dalam ajang perfilman dunia, Academy Awards untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Oscar 2014. Film Sang Kyai akan bersaing dengan film dari 75 Negara lain di seluruh dunia.

    Dalam FFI Desember lalu, selain sebagai Film Terbaik, film besutan Roko Prijanto ini juga memborong tiga penghargaan lain, yakni kategori sutradara terbaik, peran pendukung pria terbaik, dan penata suara terbaik. Raihan penghargaan tersebut menjadikan Sang Kyai sebagai film yang memperoleh penghargaan terbanyak dalam penghargaan insan pefilman bergensi di Indonesia tersebut.

    Film yang masuk dalam 10 film Indonesia terlaris tahun 2013 ini mengisahkan perjuangan KH.Hasyim Asy’ari pada masa pendudukan Jepang. Dalam film ini digambarkan bagaimana sosok KH.Hasyim Asy’ari sebagai ulama kharismatik dijadikan rujukan oleh Bung Karno, Panglima Besar Jenderal Soedirman, juga Bung Tomo.

    Menjawab permintaan Soekarno, pendiri Nahdhatul Ulama inilah yang bersama para ulama lain mengeluarkan Resolusi Jihad yang kemudian membuat barisan santri dan masa penduduk Surabaya berduyun duyun tanpa rasa takut melawan sekutu di Surabaya. Gema Resolusi Jihad yang didukung oleh semangat spiritual keagamaan  ini membuat Indonesia berani mati untuk mempertahankan kemerdekaan.

    Kemenangan film Sang Kyai sebagai film terbaik juga mandapat apresiasi dari sejumlah pihak, sehingga film tersebut akan kembali diputar dilayar-layar bioskop di Jakarta mulai tanggal 9 Januari 2014.  Hal ini sekaligus membuktikan bahwa film bernuansa dakwah jika dikemas secara menarik dan professional mampu bersaing dengan film-film konvensional. (filmsangkyai.com)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email