• Breaking News

    Thursday, January 30, 2014

    Obama Tegaskan Akan Veto Sanksi Baru Iran

    Tobapos -- Setiap sanksi baru ekonomi, yang Kongres coba paksakan terhadap Iran selama perundingan antarbangsa untuk membatasi program nuklir negara itu, akan diveto, kata Presiden Amerika Serikat Barack Obama memperingatkan anggota parlemen.

    Itu bagian paling tajam dari pidato kenegaraan Obama, yang secara keseluruhan minim rincian untuk agenda kebijakan luar negerinya pada tahun ini.

    "Jika pemimpin Iran merebut kesempatan ini, maka Iran bisa mengambil langkah penting untuk bergabung kembali dengan masyarakat bangsa-bangsa," katanya.

    Dia juga memuji AS untuk yang ia sebut memimpin jalan menuju semua kesepakatan sementara tetapi terbatas pada program nuklir Iran.

    "Tetapi biarkan saya jelaskan: Jika Kongres ini mengirimi saya sebuah rancangan undang undang (RUU) sanksi baru yang mengancam untuk menggelincirkan pembicaraan ini, saya akan memveto," kata Obama, "Demi keamanan nasional kita, kita harus memberikan kesempatan diplomasi untuk berhasil."

    Iran setuju pada November memperlambat pengayaan uranium di bawah lima persen. Sebagai gantinya, AS dan lima negara lain -Inggris, Jerman, Prancis, Rusia dan China- sepakat mengurangi sekitar senilai tujuh miliar dolar AS dari sanksi internasional terhadap Iran untuk jangka waktu enam bulan, sementara itu para perunding mencoba untuk menengahi penyelesaian akhir. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email