• Breaking News

    Monday, January 27, 2014

    Pemkab Karawang Belum Pastikan Luas Lahan Puso

    Tobapos -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, belum dapat memastikan secara rinci luas lahan tanaman padi yang puso atau gagal panen akibat terjangan banjir di daerah itu.

    "Berapa kerugian dan berapa hektare sawah yang puso akibat banjir, belum bisa diketahui. Nanti kalau banjir benar-benar surut total, baru akan dihitung," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna di Karawang, Senin.

    Menurut dia, pemerintah daerah setempat masih terus menginventarisasi data kerugian sektor pertanian akibat banjir tersebut.

    Ia mengatakan sesuai dengan data dan laporan sementara yang diterima, areal sawah yang terendam banjir selama lebih dari sepekan itu seluas sekitar 25.000 hektare yang tersebar di 28 kecamatan.

    Meski demikian, kata dia, aparat desa dan aparat kecamatan di Karawang wajib melaporkan kondisi terakhir areal sawah yang terkena banjir.

    Ia mengaku, pihaknya akan mengganti kerugian para petani yang sawahnya terendam banjir. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan bantuan benih.

    Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan Pemkab Karawang, Kadarisman mengatakan total kerugian sektor pertanian baru akan dihitung setelah banjir yang merendam sawah surut total.

    Menurut dia, jumlah benih yang akan disalurkan kepada para petani korban banjir pun saat ini belum diketahui. Tetapi dipastikan kalau bantuan benih itu akan cukup.

    Ia menyebutkan bantuan benih yang akan disalurkan kepada petani yang areal sawahnya terendam banjir itu merupakan bantuan dari dua sumber, yaitu bantuan benih dari stok benih nasional dan tanggap darurat bencana.

    Bantuan benih nasional sendiri saat ini sudah mulai diajukan kepada pemerintah pusat, hanya memang realisasinya membutuhkan waktu agak lama.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email