• Breaking News

    Thursday, January 30, 2014

    Polandia Perkuat Hubungan dengan Iran

    Tobapos -- Menteri Luar Negeri Polandia Rados'aw Sikorski berencana mengunjungi Teheran pada bulan depan untuk menjajaki peluang kerja sama ekonomi dengan Iran.

    Dalam pertemuan dengan Javad Jahangirzadeh, wakil kepala Pusat Penelitian Parlemen Iran (MRC), Kepala Pusat Hubungan Internasional Polandia Malgorzata Bonikowska mengatakan, Sikorski dijadwalkan melakukan kunjungan penting untuk Polandia dan anggota lain Uni Eropa.

    Dia menambahkan bahwa kunjungan menteri luar negeri Polandia akan membantu mengembangkan pemahaman yang lebih besar dari Iran dan meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara.

    Bonikowska, yang juga seorang ahli Uni Eropa, mengatakan kondisi baru telah diciptakan untuk hubungan yang lebih baik antara Iran dan Polandia.

    Sementara itu, Jahangiri menyatakan harapan bahwa kerja sama lebih lanjut antara MRC dan 'think tank' Polandia akan membuka jalan bagi hubungan yang lebih baik antara parlemen Iran dan Polandia.

    Sementara itu, Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt secara terpisah akan melakukan kunjungan resmi ke Iran dalam dua bulan mendatang.

    Tim delapan anggota Parlemen Eropa (EP) juga mengunjungi Iran Desember lalu. Tim ini dipimpin oleh Tarja Cronberg, yang duduk di Komite Urusan Luar Negeri EP.

    Sejak pemilihan Presiden Hassan Rouhani Juni lalu dan terutama sejak Iran serta kekuatan dunia mencapai kesepakatan nuklir, negara Eropa telah menunjukkan kesediaan untuk memperbaiki hubungan dengan Iran.

    Pada 20 Januari, Dewan Uni Eropa menangguhkan bagian dari sanksi terhadap Iran berdasarkan kesepakatan nuklir Jenewa antara Teheran dan enam kekuatan dunia - Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia, China dan Jerman- yang ditandatangani pada November. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email