• Breaking News

    Monday, January 20, 2014

    Rektor Untirta: Pendidikan Politik di Kampus Diperbolehkan

    Tobapos -- Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Soleh Hidayat menyatakan pendidikan politik di kampus boleh dan tidak dilarang sepanjang itu memberikan pengetahuan.

    "Kami mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengizinkan politik masuk kampus," katanya di Rangkasbitung, Minggu.

    Ia mengatakan, pihaknya mempersilahkan pejabat politik masuk kampus dalam kegiatan diskusi atau seminar yang sifatnya menjadikan ilmu pengetahuan.

    Meskipun kampus adalah lembaga ilmiah, tetapi boleh politik masuk kampus sebagai pengetahuan.

    Sepanjang politik itu dijadikan sumber pendidikan tidak ada masalah, katanya.

    Namun, pihaknya melarang jika kampus dijadikan kegiatan politik praktis maupun kampanye.

    "Kami tidak memberikan izin jika politik praktis masuk kampus dan mengajak maksud tertentu untuk memenangkan salah satu partai politik," katanya.

    Menurut dia, pihaknya melarang kegiatan kampanye dalam bentuk apa pun masuk ke kampus, terlebih tahun 2014 menjadikan tahun politik.

    Kampus tetap terbuka bagi siapa pun pejabat parpol itu jika memberikan pembelajaran dan ilmu pengetahuan. Misalnya, menyampaikan pandangan-pandangan persoalan yang dihadapi bangsa ini, diantaranya menyangkut ekonomi, ketahanan pangan dan kesejahteraan.

    "Saya kira kampus boleh mengundang calon presiden maupun wakil presiden untuk menyampaikan ide dan gagasan untuk perubahan bangsa ini," katanya.

    Ia menyebutkan, Undang-Undang Pemilu Pasal 86 Nomor 8 tahun 2012 tentang larangan kampanye di sejumlah tempat, di antaranya tempat pendidikan dalam hal ini kampus.

    "Memang, kampus harus terbebas dari kegiatan politik praktis karena kampus tempat pendidikan untuk mencetak generasi yang cerdas dan berkualitas," katanya.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email