• Breaking News

    Saturday, January 25, 2014

    UEFA Beri Slot Khusus Buat Prancis di Piala Eropa

    Tobapos -- UEFA pada Jumat mengumumkan bahwa tuan rumah Piala Eropa 2016 Prancis akan memainkan serangkaian pertandingan persahabatan melawan sejumlah rival menjelang turnamen itu, ketika tim-tim lain memainkan pertandingan-pertandingan kualifikasi.

    Dengan satu posisi otomatis di turnamen, negara-negara tuan rumah biasanya kesulitan menciptakan program pertandingan persahabatan, sebab tim-tim lain lebih fokus pada perjalanan di fase kualifikasi.

    UEFA mengambil langkah tidak biasa untuk mengatasi masalah itu, dan dengan demikian Les Bleus secara tidak langsung akan berpartisipasi pada kualifikasi, serta sejumlah tim yang terlibat.

    Keputusan ini keluar pada pertemuan dewan eksekutif UEFA, yang juga memberi lampu hijau terhadap format kualifikasi Piala Eropa 2016, menjelang undian pada 23 Februari di kota selatan Prancis Nice.

    Tim-tim peserta akan dibagi dalam sembilan grup kualifikasi.

    Delapan grup akan dihuni enam negara, sedangkan satu grup sisanya akan diisi lima negara, melawan Prancis yang akan memainkan pertandingan-pertandingan persahabatan mereka.

    "Prancis akan bermain di grup yang berisi lima (negara). Itulah cara mereka memiliki tanggal dan lawan untuk pertandingan-pertandingan persahabatan mereka, namun pertandingan-pertandingan itu tidak akan dihitung sepanjang kualifikasi, apapun hasilnya," kata ketua UEFA Michel Platini kepada para pewarta.

    Mantan kapten timnas Prancis itu berkata bahwa Federasi Sepak Bola Prancis puas dengan ide tersebut, dan itu merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan lawan-lawan di pertandingan persahabatan.

    Sebagai tambahan, hal itu mengandung potensi pro dan kontra - misalnya, pengalaman kualifikasi melawan kelelahan - bagi tim-tim yang berada di grup yang berisi lima negara.

    UEFA juga mengumumkan sembilan negara unggulan untuk kualifikasi, yakni Bosnia, Inggris, Jerman, Yunani, Belanda, Italia, Portugal, dan Rusia.

    Kompetisi kualifikasi akan melibatkan 53 anggota UEFA, termasuk Gibraltar, negara teritorial kecil di bagian kaki Semenanjung Peninsula, yang dikendalikan Inggris namun dikuasai Spanyol.

    Karena sensitivitas politis, UEFA memutuskan bahwa Gibraltar dan juara Eropa sekaligus dunia Spanyol tidak akan berada di grup yang sama di grup kualifikasi Piala Eropa 2016.

    Hal yang sama juga terjadi pada dua musuh bebuyutan Azerbaijan dan Armenia, yang kerap berseteru akibat konflik teritorial sejak Uni Soviet pecah dua dekade silam.

    Namun Rusia dan Georgia, yang berperang pada 2008, mengatakan kepada UEFA bahwa mereka akan "sangat bahagia" untuk dapat bertanding satu sama lain di grup kualifikasi Piala Eropa 2016, kata Platini.

    Dua tim teratas dari sembilan grup akan lolos langsung ke putaran final, bersama Prancis.

    Mereka akan didampingi satu tim peringkat ketiga terbaik, sedangkan delapan tim peringkat ketiga yang tersisa akan memainkan pertandingan playoff untuk mendapatkan empat peserta terakhir.

    Piala Eropa 2016 akan mendapat tambahan negara kontestan, dari 16 negara menjadi 24 negara.

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email