• Breaking News

    Saturday, February 1, 2014

    Bahaya! Tinggi Gelombang Selat Karimata 3,5 Meter

    Tobapos -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang provinsi Bangka Belitung (Babel) memprakirakan kondisi gelombang di wilayah perairan Babel yakni selat karimata mencapai ketinggian 3,5 meter pada Minggu (2/2).

    "Ketinggian gelombang diperairan ini disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai 50 kilometer per jam,"kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Sabtu.

    Ia mengatakan, dengan keadaan cuaca dan tingginya gelombang laut ini diharapkan nelayan lebih meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari terjadinya kecelakaan di laut.

    "Kami menghimbau agar nelayan terutama nelayan dengan perahu kecil agar menunda untuk melaut sampai keadaan cuaca normal kembali karena kondisi cuaca ini dapat mengancam keselamatan,"ujarnya.

    Kondisi cuaca di perairan Babel lainnya, sambung Omar yakni di Selat Gelasa, Selatan Bangka dan Utara Bangka kecepatan angin mencapai 45 kilometer per jam dengan ketinggian gelombang mencapai tiga meter.

    "Sedangkan Selat Bangka ketinggian gelombang laut mencapai 1,5 meter dengan kecepatan angin berkisar antara 15 hingga 30 kilometer per jam dari barat laut menuju utara,"ujarnya.

    Sementara itu, berdasarkan pantauan cuaca, adanya awan gelap yang berpotensi terjadinya angin kencang di daratan Babel.

    "Diperkirakan angin didaratan Babel mencapai kecepatan 28 kilometer per jam yang berpotensi terjadi di Kabupaten Belitung dan Bangka Selatan,"katanya.

    Ia menambahkan, kondisi cuaca di daratan Babel lainnya yakni kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka dan Bangka Barat kecepatan angin berkisar antara 5-26 kilometer per jam.

    "Kondisi cuaca di daratan Babel lainnya yakni Kabupaten Belitung Timur dan Bangka Tengah kecepatan angin berkisar antara 6-27 kilometer per jam," ujarnya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email