• Breaking News

    Sunday, February 9, 2014

    Kejar Perompak, Polisi Pinjam Kapal Nelayan

    Tobapos -- Nelayan tradisional di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara siap untuk meminjamkan kapal mereka kepada petugas keamanan laut untuk menangkap perompak yang semakin mengganas di perairan laut tersebut.

    "Kapal nelayan itu bisa digunakan aparat Keamanan Laut (Kamla) untuk meringkus perompak yang selama ini meresahkan di perairan Deli Serdang," kata Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut, Ihya Ulumuddin di Medan, Sabtu.

    Perompak bersenjata tajam dan biasanya menggunakan cebo atau penutup muka, menurut dia, harus ditumpas karena membuat takut nelayan turun ke laut.

    "Pelaku sudah mulai bertindak brutal dan nekad melemparkan nelayan ke tengah laut. Ini jelas dapat mengancam jiwa nelayan," ujar Sekretaris HNSI Sumut.

    Oleh karena itu, kata Ulumuddin, nelayan sangat berharap petugas Kamla dapat secepatnya turun ke laut melindungi dan mengawal mereka agar tidak lagi dijarah perompak tersebut.

    Pada Selasa (7/1), sekitar pukul 24.00 WIB, satu unit kapal nelayan Pantai Labu dirompak orang tak dikenal (OTK) di sekitar perairan Kuala Bagan.

    Kapal nelayan yang dirampok OTK itu, milik Zul (38) alias Amat Kotam, penduduk Dusun II Rantau Panjang, Kabupaten Deli Serdang.

    Ketika nelayan tersebut membawa kapal kecil ukuran 20 GT sedang menangkap ikan di perairan Kuala Bagan, mereka didatangi oleh dua OTK.

    "Kedua OTK tersebut langsung membekap Zul dan membuangnya ke laut, sedangkan kapal milik korban dibawa kabur oleh perompak tersebut," kata Ulumuddin.

    Sebelumnya, peristiwa perampokan lima unit kapal nelayan tradisional ukuran 20-30 GT juga dilakukan OTK pada Desember 2013. Pemilik kelima kapal itu masing-masing Andi (40), Edi Gatot (35), Kino (60) penduduk Kuala Bagan, Syamsul (35) dan Udin (32) warga Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

    Data yang diperoleh melalui DPD HNSI Sumut, jumlah nelayan tradisional di Sumatera Utara saat ini tercatat sebanyak 370.000 orang. Sedangkan jumlah nelayan kecil di Kabupaten Deli Serdang lebih kurang 27.000 orang, dan Medan 21.000 orang. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email