• Breaking News

    Friday, February 7, 2014

    Pemkot Medan Dorong Lulusan SMK Berwiraswasta

    Tobapos -- Pemerintah Kota Medan mendorong lulusan Sekolah Menengah Kejuruan untuk menjadi wiraswastawan dan tidak lagi berorientasi menjadi Pegawai Negeri Sipil.

    Pelaksana tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Jumat, mengatakan keberadaan SMK dinilai sangat berkontribusi terhadap berkurangnya pengangguran yang dewasa ini jumlahnya terus bertambah.

    Untuk itu kepada guru-guru harus mampu membimbing siswanya memiliki kecakapan khusus yang dapat menjadi bekal nantinya bagi lulusan untuk berwirausaha.

    "Lowongan untuk menjadi PSN sangat terbatas. Untuk itu lulusan SMK yang memiliki keahlian diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri," katanya saat membuka acara Kerja Siswa Nyata (KSN) Sekolah Immanuel.

    Ia mengatakan melalui kegiatan kerja siswa nyata yang digelar, siswa SMK Immanuel Medan diharapkan dapat menjadi wiraswasta yang baik.

    Dengan keahlian dan ketrampilan yang mereka terima selama menimba ilmu di sekolah, maka para siswa setelah menyelesaikan pendidikannya tidak hanya menggantung hidup di perusahaan lain ataupun berusaha menjadi pegawai negeri sipil.

    "Tetapi mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yang pada akhirnya juga diharapkan dapat merekrut tenaga kerja lainnya," katanya.

    Dalam KSN ini, SMK Immanuel memberikan service sepeda motor, mobil, alat-alat eletronika dan las kepada masyarakat secara gratis.

    Melalui kegiatan KSN, para siswa tentunya akan menemukan persolan-persoalan terkait bidang keahliannya, sehingga mereka akan
    lebih terampil mengaplikasikan ilmunya secara lebih nyata guna dijadikan modal sebagai entrepreneur.

    "Selain itu kegiatan ini sangat positif, karenanya mari kita pacu terus motivasi belajar para siswa agar lebih giat belajar dan berkarya demi kemajuan bangsa," kata Eldin.

    Ia selanjutnya juga berharap agar keberadaan SMK bisa memberikan kontribusi mengurangi pengangguran dan kemiskinan, bahkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

    Hal ini dapat diwujudkan apabila SMK memiliki nilai tambah yang mampu menyesesuaikan dinamika iptek dan pasar.

    "Nilai tambah itu harus diekplorasi melalui kegiatan peningkatan mutu karya siswa SMK. Dengan adanya KSN ini, kita semua berharap para siswa akan siap menghadapi dunia kerja yang sebentar lagi akan mereka rasakan. Selain itu dengan melakukan KSN, para siswa akan lebih terampil mengaplikasikan ilmunya secara lebih nyata," katanya.

    Sementara Ketua Yayasan Perguruan Immanuel Medan Ir Immanuel Munthe mengatakan perguruan yang dipimpinnya ini memiliki beberapa jurusan yakni otomotif ringan (sepeda motor), otomotif alat-alat berat (mobil), elektronik, serta teknisi pesawat terbang.

    "Khusus jurusan teknisi pesawat terbang, ini merupakan jurusan yang terbaru di Kota Medan. Untuk mendukung jurusan ini, kita telah mendapatkan bantuan dua pesawat terbang dari SMAC," kata dia.

    "Semoga bantuan yang diberikan dapat dipergunakan para siswa sebagai bahan praktik, sehingga mereka menjadi tenaga yang memiliki skill di bidang mesin pesawat terbang," tambahnya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email