• Breaking News

    Saturday, February 8, 2014

    Penebangan Liar di Aek Natolu

    Tobapos --Aktivitas penebangan kayu berlangsung hingga kini di Aek Natolu Nadua Ujung Mauli, Kelurahan Sipolha, Kecamatan Pematang Sidamanik, Simalungun. Dugaan sementara, selain kayu di tanah hak milik, penebangan diduga berlangsung hingga ke kawasan hutan.

    Kondisi ini membuat Sabar Sitinjak (58), selaku pemilik lahan protes. Kepada METRO, Kamis (6/2),
    Sabar, warga Binanga Repa, Kelurahan Sipolha, ini mengatakan kecewa terhadap aktivitas penebangan kayu tersebut.

    Sabar mengaku, sejak awal dia sudah mengingatkan si pengusaha berinisial HT agar memperhatikan tapal batas antara lahan miliknya dengan kawasan hutan Aek Natolu Nadua Ujung Mauli.

    Bahkan ketika mengurus Surat Keterangan Tanah (SKT) Nomor: 594/222/SK0t/VII/SPH/2013, di kantor kecamatan, Camat Pematang Sidamanik M Iqbal SSTP, sudah mengingatkan agar memerhatikan tapal batas dan jangan sampai melakukan penebangan hingga kawasan hutan. “Tapi fakta di lapangan, penebangan diduga tetap dilakukan hingga ke kawasan hutan Aek Natolu Nadua Ujung Mauli,” ungkap Sabar.

    Selain itu kata Sabar, si HT diperbolehkan melakukan penebangan dengan syarat membuat jalan di daerah itu dengan perjanjian selesai tanggal 31 Desember 2013. “Itu sebabnya SKT sudah kukembalikan ke kantor camat tanggal 21 Januari 2014 tapi penebangan masih berlangsung,” keluh Sabar.

    Setelah mendengar keterangan Sabar, METRO kemudian terjun ke lokasi. Di lokasi, aktivitas penebangan masih berlangsung. Kayu hasil tebangan langsung dipotong dalam bentuk gelondongan. Kemudian, kayu gelondongan tersebut diangkut menggunakan truk fuso.

    Lurah Sipolha Biston Manik hingga kini belum memberikan keterangan resmi soal penebangan itu. Dihubungi via telepon selular dan dikirim pesan singkat sama sekali tidak ada balasan. (ms/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email