• Breaking News

    Monday, June 23, 2014

    219 Warga Bengkalis Terjangkiti HIV/AIDS

    Tobapos -- Sebanyak 219 orang warga Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus Human immunodeficiency virus infection/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS).

    Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno di Pekanbaru, Senin, mengatakan, jumlah ini sudah terbilang sangat mengkhawatirkan karena itu angka yang dihitung hingga Maret 2014.

    Dari 219 jiwa penderita penyakit mematikan itu, lanjutnya, 84 orang di antaranya adalah laki-laki dan 135 perempuan.

    Suayatno tadi siang juga membuka secara resmi pertemuan inisiasi pembentukan Layanan Konprehensif Berkesinambungan (LKB) Kecamatan Bengkalis di ruang pertemuan Puskesmas Bengkalis.

    Acara ini dihadiri Sekcam Bengkalis, Komisi Penanggulangan AIDS dan HIV, Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskemas, Kepala Desa dan lurah se Kecamatan Bengkalis.

    Ia mengatakan, selama beberapa tahun terakhir telah ditemukan 51 kasus AIDS baru dan 30 di antaranya meninggal dunia.

    Hal itu menurut dia cukup menandakan bahwa persoalan AIDS di Kabupaten Bengkalis sudah sangat serius.

    "Kasus AIDS ini seperti fenomena gunung es yang siap meledak sewaktu-waktu. Untuk itu perlu adanya upaya pencegahan salah satunya melalui sosialisasi secara intens kepada masyarakat apa penyakit AIDS, apa dampak bagi orang yang terkena panyakit itu dan seperti apa cara menanganinya. Kasus AIDS terbesar nomor empat menimpa ibu rumah tangga," katanya.

    Menurut dia, di wilayah Kecamatan Mandau dan Pinggir paling banyak masyarakat yang terkena penyakit AIDS karena di wilayah itu ada lokalisasi.

    "Dari sinilah terjadinya penularan terhadap ibu-ibu rumah tangga karena bapak-bapaknya yang suka jajan di luar," katanya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email