• Breaking News

    Monday, June 23, 2014

    ASDP Tambah Satu Kapal Kapasitas 600 Penumpang

    Tobapos -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak kembali menambah satu kapal bekas produksi Jepang untuk persiapan angkutan Lebaran 2014.

    "Kapal baru itu bernama KMP Virgo 18 milik PT Jembla Ferry tahun pembuatan 1990 dengan kapasitas 600 penumpang," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Yanus, di Merak, Senin.

    Ia mengatakan, saat ini kapal tersebut sedang dilakukan uji sandar di Dermaga IV Pelabuhan Merak untuk mendapatkan izin operasional.

    Apabila, kapal itu sudah mengantongi izin kemungkinan bisa dioperasikan pada angkutan mudik Lebaran.

    Dengan penambahan itu, kata dia, jumlah kapal Pelabuhan Merak-Bakauheni sebanyak 47 unit, namun yang dioperasikan arus mudik Lebaran nanti sekitar 38 unit.

    "Kami yakin penambahan kapal baru itu bisa terlayani dengan baik untuk angkutan Lebaran," katanya.

    Menurut dia, penambahan kapal tersebut diharapkan bisa mengantisipasi lonjakan penumpang liburan sekolah maupun arus mudik Lebaran.

    Sebab, kapal baru itu cukup besar dan memiliki kapasitas 600 penumpang serta 150 kendaraan.

    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry telah mendatangkan kapal berukuran besar bernama Port Link III produksi tahun 1998 yang didatangkan dari Korea Selatan.

    Kapal dengan panjang 151 meter dan memiliki kapasitas 1.000 penumpang dan kendaraan 250 unit bisa mengantisipasi lonjakan penumpang.

    "Kami berharap dengan adanya penambahan kapal bisa menghilangkan kemacetan sehingga ke depan tidak ada lagi kemacetan di Pelabuhan Merak," katanya.

    Ketua Gabungan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Togar Napitupulu mengatakan, bertambahnya kapal baru itu maka jumlah kapal sebanyak 47 armada dan bisa mencapai target 90 trip perjalanan Merak-Bakauheni, Lampung.

    Saat ini, KMP Virgo 18 belum memiliki izin operasional karena baru didatangkan dari Jepang.

    "Kami berharap izin operasional kapal baru itu segera dikeluarkan oleh Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP)," katanya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email