• Breaking News

    Tuesday, June 24, 2014

    Kebangkitan Industri Komik Vietnam

    Tobapos -- Seorang anak laki-laki yang dipasung dalam batang kayu menatap dengan mata tajam. Di latar belakang terlihat seorang wanita duduk sambil mengipasi dirinya.

    Gambar ini menghiasi komik baru Vietnam berjudul Long Than Tuong, Jenderal Naga, lapor wartawan BBC Marianne Brown.

    Klik Komik seperti ini lumrah terlihat dalam novel grafis Eropa atau Amerika, tetapi di negara komunis seperti Vietnam, di mana industri komik baru mulai tumbuh, sangatlah tidak biasa.

    Long Than Tuong bercerita tentang seorang pemimpin militer yang harus mengatasi invasi Mongol pada abad ke-13.

    Salah satu penciptanya Nguyen Thanh Phong yang berumur 28 tahun mengatakan dirinya ingin memberikan pembaca sebagian dari kehidupan dengan latar belakang sejarah, bukannya cerita fantasi untuk anak-anak.

    "Kami menginginkan sesuatu yang dapat dikaitkan dengan kehidupan kita," katanya.

    Semakin banyak seniman seperti Phong yang menggunakan pensil untuk menggambar di kertas dan membuat komik yang diproduksi di Vietnam.

    Tetapi ternyata ini adalah usaha yang penuh tantangan karena dominasi manga Jepang dan anak-anak masih dianggap sasaran komik.

    "Di Asia Tenggara semua orang dibesarkan dengan membaca Archie, Asterix, Tin Tin dan Lao Fu Zi, tetapi sebagian besar tidak lagi membaca komik setelahnya," kata seniman komik Singapura Sonny Liew.

    "Masih terdapat kecenderungan melihat komik dalam pengelompokkan genre, tokoh jagoan dan komik untuk anak-anak, bukannya bentuk cerita untuk dewasa," tambah Liew.  (bbc/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email