• Breaking News

    Tuesday, June 24, 2014

    Krisis Listrik Riau Rugikan Industri Kecil

    Tobapos -- Krisis listrik yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Bengkalis, Riau, telah mengakibatkan kerugian besar bagi dunia usaha dan industri kecil, kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bengkalis, Masuri.

    "Kondisi demikian jika terus berlanjut maka bukan tidak mungkin akan memperpuruk perekonomian daerah dan masyarakat," katanya kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Senin malam.

    Kondisi ini menurut dia menunjukkan bahwa manajemen Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih belum mampu mengatasi krisis listrik di Riau.

    "Pemadaman bergilir sudah diberlakukan sejak beberapa bulan lalu, ditambah lagi dengan mati totalnya listrik di sebagian besar wilayah Kecamatan Bengkalis yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis. Kondisi sama juga terjadi di Kecamatan Bantan," katanya.

    Di dua daerah ini, kata dia listrik sempat padam total dalam rentang waktu yang panjang akibat gangguan jaring utama (feader express) di Jalan Hangtuah, Bengkalis.

    "Tidak diragukan lagi, kondisi demikian membuat berbagai sektor usaha mengalami kerugian, terutama yang berhubungan langsung dengan lisrtik," katanya.

    Pihaknya mengharapkan PLN transparan ke publik yang rata-rata merupakan pelanggan dari perusahaan ini.

    "Soal pemadaman yang terjadi harus dijelaskan dengan benar dan kapan tenggang waktu untuk pemulihannya. Sektor usaha akan mengalami kerugian, masyarakat bisa dibuat resah dengan kondisi seperti ini karena sebagian besar wilayah Pulau Bengkalis mati lampu," katanya.

    Ia juga mempertanyakan MoU antara PLN dengan PT Meskom Sejati soal penambahan daya di Pulau Bengkalis.

    "Seharusnya sekarang tidak terjadi lagi pemadaman bergilir, karena kebutuhan listrik warga semakin meningkat dan harus dibarengi deddngan kinerja PLN dalam memberikan layanan ke masyarakat," katanya.

    Di Pekanbaru, Humas PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Sarno mengatakan, gangguan listrik di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau terjadi karena berbagai kendala.

    "Mulai dari gangguan jaringan hingga gangguan sistem dan pembangkit. Jika ada pemeliharaan mesin, biasanya PLN akan mengumumkannya dan jika tidak, itu berarti ada gangguan mendadak," katanya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email