• Breaking News

    Thursday, June 26, 2014

    Parlemen Desak Presiden Romania Mengundurkan Diri

    Tobapos -- Parlemen Romania pada Rabu mensahkan resolusi yang meminta pengunduran diri Presiden Traian Basescu sehubungan dengan skandal korupsi yang melibatkan saudaranya.

    Dokumen tersebut disahkan dengan suara bulat di dewan; 344 suara mendukung dan 17 abstein.

    Presiden Senat Calin Popescu Tariceanu menjelaskan dokumen yang tidak mengikat itu adalah mosi politik anggota parlemen, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam.

    "Kami menangani situasi ini dari sudut pandang politik dan moral dan kami percaya presiden mesti secara normal mundur dalam situasi semacam itu," katanya.
    Basescu pada Senin (23/6) mengatakan ia akan mengabaikan deklarasi Parlemen tersebut --yang menyerukan pengunduran dirinya.

    "Saya akan mengabaikan teriakan mereka dan deklarasi Parlemen. Tujuan saya ialah terus memerangi korupsi dengan segala kekuatan negara sampai hari terakhir masa jabatan saya," katanya.

    Adik laki-laki presiden itu, Mircea Basescu, dituduh menerima suap dari keluarga bom penjahat yang diadili karena upaya pembunuhan.

    Pengadilan Bukares pada Jumat (20/6) memutuskan masa penahanan pencegahan selama 30 hari buat adik presiden, Mircea Basescu, yang dituduh melakukan pelanggaran berupa memperdagangkan pengaruh.

    Mircea Basescu memanfaatkan statusnya sebagai anggota keluarga presiden, dan memberi kesan bahwa ia dapat menjadi penengah dengan hakim yang menangani kasus pengadilan Sandu Anghel --yang menghadapi dakwaan upaya pembunuhan. Tujuannya ialah untuk memperoleh putusan yang menguntungkan Sandu Anghel, baik berupa hukuman yang lebih ringat atau bahkan pembebasan terdakwa, demikian siaran pers yang dikeluarkan pada Jumat oleh Direktorat Anti-Korupsi Nasional (DNA).

    Laporan itu juga memperlihatkan pada awal 2011, setelah Sandu Anghel ditempatkan di bawah penahanan pencegahan, putranya --Florin Anghel-- mengirimi penengah, Marian Capatana, uang sebanyak 250.000 euro (340.000 dolar AS), atas permintaan Marian Capatana dan sebagai imbalan untuk janji bahwa uang tersebut akan diserahkan kepada Mircea Basescu agar ia bisa melicinkan roda keadilan atas nama Sandu Anghel.

    Belakangan, karena Sandu Anghel tak dibebaskan, Florin Anghel telah mengucurkan dana lagi sebanyak 350.000 euro untuk penengahan bagi tujuan yang sama.

    Dari sebanyak 600.000 euro yang dikeluarkan oleh Florin Anghel, Mircea Basescu dilaporkan menerima uang sebanyak 250.000 euro. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email