• Breaking News

    Thursday, July 3, 2014

    Kapolda Sumsel Ajak Ubah Pola Pikir Pelayan

    Tobapos -- Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saut Usman Nasution mengajak seluruh polisi anggota Polres di wilayah itu untuk mengubah pola pikir dan kultur yang selama ini acap terjadi bukan untuk dilayani, tapi sebagai pelayan masyarakat.

    "Gaji kita uang rakyat dengan harapan agar bekerja lebih baik, tapi belum bisa sepenuhnya terkabulkan karena keterbatasan jumlah personel sehingga masih jauh dari harapan masyarakat," kata Kapolda Saut Usman Nasution di Lubuklinggau, Rabu.

    Usai meresmikan penggunaan perangkat CCTV dalam meningkatkan pengamanan dan pelayanan kamtibmas di Kota Lubuklinggau, ia mengatakan dengan posisi keterbatasan personel polisi serta sarana dan prasarana yang ada, tapi tetap berupaya untuk melakukan pelayanan yang maksimal.

    Meskipun ada bantuan dari wali kota untuk polisi itu tetap uang rakyat dan hanya perantara, dengan demikian rakyat jangan dikecewakan, ke depan tidak ada lagi laporan masyarakat "Hilang kambing nyatanya habis kerbau."

    Selain itu jangan ada lagi pungutan-pungutan tidak jelas terhadap masyarakat dan potongan honor bagi anggota di lapangan sepeserpun tak boleh dikurangi. Dana operasional itu memang tidak mencukupi tapi sudah ada upaya pemerintah memberikan penyemangat bekerja di lapangan, dengan demikian perlu sinergi. Senergi bukan berati kolusi tapi saling mengingatkan.

    "Kepada seluruh Kapolres saya perintahkan tunjuk satu anggota polisi untuk ditempatkan di satu desa yang bertanggung jawab koordinasi dengan lurah/kepala desa untuk menyelesaikan masalah di desa atau kelurahan tersebut, sedangkan tugas Polmas bisa diemban oleh polisi pangkat terendah sampai tertinggi," ujarnya.

    Mengenai pnggunaan CCTV bantuan Pemerintah Kota Lubuklinggau agar dimanfaatkan unuk menjaga keamanan di wilayah itu termasuk kendaraan operasional dan ditempatkan personel khusus yang bertanggung jawab sebagai operatornya.

    Di kota Lubuklinggau akan dipasang 100 CCTV itu sudah luar biasa, sedangkan di Kota Palembang saja hanya 16 titik kodisinya sama rawan. Dengan demikian polisi bisa nyaman dalam memantau para pencuri yang akan melakukan aksinya, katanya.

    Kapolres Lubuklinggau AKBP Dover Cristian Lumban Gaol mengatakan pemasangan CCTV di sejumlah titik di Kota Lubuklinggau diharapkan mampu mengoptimalkan petugas untuk mengungkap pelaku kejahatan di jalanan.

    Dengan demikian dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi korban kejahatan. Ke depan korban kejahatan diharapkan dapat berkurang dengan adanyan bantuan fasilitas tersebut dan tugas polisi lebih ringan dari sebelumnya, ujarnya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email