• Breaking News

    Monday, July 14, 2014

    Kemenkop Sudah Lama Minta Cipaganti Berbenah

    Tobapos -- Pejabat Kementerian Koperasi dan UKM Suprapto mengatakan pada dasarnya tidak ada masalah serius dengan Koperasi Cipaganti yang diberitakan telah dibekukan izinnya karena menghimpun dana masyarakat hingga Rp3,2 triliun.

    "Pada dasarnya koperasinya sendiri tidak ada masalah, harus dibedakan bahwa yang sedang mengalami persoalan bisnis adalah PT induknya," kata Asisten Deputi Urusan Pembiayaan dan Penjaminan Kredit Kementerian Koperasi dan UKM Suprapto di Yogyakarta, Kamis.

    Pihaknya menyatakan sudah intensif berkomunikasi dan melakukan pendampingan terhadap koperasi tersebut sejak 2012.

    Suprapto membantah jika koperasi itu menghimpun dana nasabah hingga triliunan rupiah.

    "Pemeriksaan kami tidak sampai triliunan (rupiah,red), paling hanya sekitar Rp180 miliar. Jadi angka triliunan rupiah itu sama sekali tidak benar," katanya.

    Berdasarkan pengawasan pihaknya, Koperasi Cipaganti merupakan salah satu koperasi di bawah pengawasan Dinas Koperasi Kota Bandung karena dinas itu jugalah yang menerbitkan izin usaha atas koperasi tersebut.

    "Kami sudah panggil pengurus koperasi itu sejak 2012, sudah kami ingatkan dan mereka janji lakukan pembenahan," kata Suprapto.

    Menurut dia, masyarakat harus bisa membedakan persoalan yang terjadi pada koperasi itu yang ada modal penyertaan dari PT yang masuk ke koperasi itu tetapi ada persoalan dari sisi imbal hasil.

    Oleh karena itu kata dia menjadi wajar jika bisnis perusahaan induk dan kinerja dari saham yang jeblok berdampak terhadap koperasi tersebut.

    Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari mengatakan pembekuan izin Koperasi Cipaganti dilakukan sebagai upaya menghibernasi supaya tidak menimbulkan efek yang lebih luas.

    "Pembekuan izin supaya tidak menimbulkan efek lebih luas lagi sembil memberikan kesempatan kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan," katanya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email