• Breaking News

    Tuesday, July 15, 2014

    Win Ansyarullah Rajagukguk: Ketua Umum Persatuan Budaya Batak (PBB)

    Tobapos -- Suku Bangsa Batak dengan Suku bangsa Gayo dalam sejarahnya tidak dapat dapat dipisahkan,sebab ada sebuah keterkaitan dimana suku bangsa Gayo merupakan bagian dari suku bangsa batak.

    Sejarah ini tidak dapat dipungkiri, sebagai contoh ditanah Gayo ada yang disebut batak 27, dan mereka sudah menjadi bagian dari Gayo, bahkan garis keturunan Suku Gayo merupakan bagian dari keturunan dari batak 27 tersebut, begitu juga dalam perjuangan membela kemerdekaan Republik ini.

    Suku Bangsa Batak dan Gayo saling bekerja sama untuk mempertahankan kemerdekaan,beberapa putra Gayo gugur di tanah Karo atau di tanah Batak lainnya.

    Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini, dan keterkaitan antara suku Batak dan Gayo memang tidak dapat dipisahkan.

    Demikian antara lain sambutan Bupati Gayo Lues H.Ibnu Hasim yang dibacakan Sekdakab Drs,H.Abubakar Djasbi saat membuka acara pesta besar (bolon) kelima tahun Persatuan Budaya Batak (PBB) Kabupaten Gayo Lues di Lapangan pancasila Blangkejeren 30/6/2011.

    Disisi lain Bupati Gayo Lues dalam amanat tertulisnya, mengajak seluruh etnis yang ada di Gayo Lues ini untuk bersama sama bekerja saling membahu bagi kemajuan pembangunan Gayo Lues,"saya yakin dengan banyaknya etnis suku bangsa di daerah ini,Gayo Lues akan cepat tumbuh,maju dan berkembang," jelasnya.

    Pesta kelima tahun keberadaan Organisasi Etnis Batak ini selain dihadiri oleh semua etnis batak didaerah ini seperti batak Toba,batak Mandailing,batak Karo,batak pak pak, dan batak simalungun,juga diikuti oleh etnis suku Nias.

    Masyarakat yang tergabung dalam beberapa etnis batak itu,menampilkan masing masing tari tor tor dari daerahnya,juga dimeriahkan tarian saman sebagai tarian masyarakat Gayo Lues.

    Acara ini juga dihadiri para Muspida setempat serta pengurus dari Persatuan batak sedunia juga utusan dari pengurus Persatuan budaya batak yang ada di Aceh Tenggara.

    Win Ansyarullah Rajagukguk sebagai ketua Umum dari Organisasi (PBB) di Gayo Lues,menyebutkan rangkaian kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sejak berdirinya organisasi ini di Gayo Lues.

    Walaupun dalam waktu dekat Gayo Lues akan melaksanakan Pilkada, kegiatan pesta bolon ini tidak terimplikasi dalam kegiatan politik"ini murni sebagai kegiatan budaya, tidak ada embel-embel lainnya.

    "Soal masalah siapa yang mau dipilih dalam pilkada nanti itu diserahkan kepada individu masing masing, sekali lagi kegiatan ini adalah kegiatan budaya," ujar Win Ansyarullah kepada Alabaspos.com. (Sumber: Klik Di sini) (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email