• Breaking News

    Saturday, November 15, 2014

    Festival Budaya Bisa Tarik Wisatawan

    Tobapos -- Festival budaya tahunan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, yang digelar pada Jumat, 14 November 2014 di Desa Rantau Langsat diyakini bisa menarik wisatawan.

    "Kegiatan tahunan ini dalam rangka mempromosikan seni dan budaya asli daerah untuk menggaet wisatawan lokal maupun nasional," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu Armansyah, Jumat.

    Ia mengatakan, ajang festival Batang Gansal merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk terus dikembangkan, karena bernilai seni yang bisa menarik pengunjung untuk datang ke Indragiri Hulu.

    Selama ini banyak objek wisata yang dikenal hingga mancanegara baik itu keindahan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, maupun nuansa Danau Raja dengan sega;a keindahannya.
    "Festival ini dikemas dengan rapi dan sangat bernuansa budaya asli," katanya.

    Armansyah menyebutkan bahwa mereka telah melakukan berbagai persiapan dan ferstival tersebut dijadwalkan mulai dibuka besok, Jum'at (14/10) hingga Ahad (16/11).

    Menurut dia, dalam festival itu akan dilaksanakan sejumlah lomba yang merupakan budaya lokal khususnya dari suku Talang Mamak, seperti lomba membuat kerajinan dalam bentuk souvenir khusus untuk perempuan, lomba silat tradisional untuk laki-laki, lomba musik gambus laki-laki dan perempuan, lomba rakit bambu oleh ibu-ibu, pacu sampan, lempar tombak, dan gasing untuk laki-laki.

    "Panitia juga menyiapkan lomba lainnya bagi masyarakat umum, seperti lomba sepeda gunung, lomba memancing dan fotografi," ujarnya.

    Lomba sepeda gunung akan melintasi jalur sejumlah lokasi wisata alam air terjun dan arung jeram di lokasi TNBT. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email