• Breaking News

    Monday, November 24, 2014

    Pemkot Medan Siapkan Tenaga Pengelola Keuangan Berkualitas

    Tobapos -- Pemerintah Kota Medan menyiapkan tenaga pengelola keuangan yang berkualitas, dalam upaya mewujudkan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel.

    "Untuk menciptakan pengelola keuangan yang berkualitas itu, diantaranya kita melakukan Diklat Akutansi dan Pelaporan Keuangan Berbasis Akrual," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Senin, saat membuka diklat akuntansi dan pelaporan keuangan di lingkungan Pemkot Medan Tahun Anggaran 2014.

    Ia mengatakan tujuan diklat ini digelar untuk menyiapkan tenaga pengelola keuangan pada seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Medan dalam hal penyajian laporan keuangan, sesuai standar akutansi pemerintahan yang berlaku dan metode pencatatan akutansi berbasis actual secara tepat waktu.

    Menurut dia, diklat ini juga digelar dalam rangka menjawab tuntutan agar terciptanya "good governance". Untuk itu, pemerintah terus berupaya bersikap lebih transparan dalam pertanggungjawaban kepada publik.

    Kondisi ini tentunya menuntut entitas supaya meningkatkan akuntabilitas dari setiap indikator kerja.

    Salah satu upaya konkrit perwujudan transparansi dan akuntabilitas, kata dia, melalui penyampaian laporan keuangan yang memenuhi prinsip tepat waktu dan disusun dengan mengikuti standar akutansi pemerintahan.

    Menurut dia,penyajian informasi keuangan pada tataran pemerintah daerah saat ini dilaksanakan dengan metode akutansi berbasis kas, namun pada praktiknya, akutansi berbasis kas tidak menghasilakn informasi yang memadai.

    "Karena itulah penggunaan basis akrual sangat disarankan.Pengalihan metode akutansi dari kas menuju akrual didasarkan pada berbagai alasan, diantaranya penyajian informasi yang lebih informatif, terutama dalam hubungannya dengan pengukuran kinerja pemerintah daerah dalam periode akutansi," katanya.

    Untuk itulah dalam sisa waktu lebih kurang dua bulan ke depan, menurut dia, perlu persiapan dalam berbagai hal untuk mengimplementasikan standar akutansi pemerintah berbasis akrual, termasuk persiapan SDM apratur yang akan menyajikan laporan keuangan.

    Atas dasar itulah, ia menegaskan Pemkot Medan harus siap untuk melaksanakan standar akutansi berbasis akrual.

    Kemudian ia mengingatkan, pekerjaan pada bagian keuangan membutuhkan integritas, kejujuran dan kompetensi yang tinggi, artinya, aparatur pengelola keuangan harus cekatan dalam memenuhi tuntutan perana yang perubahannya sangat dinamis dan cekatan.

    "Jadi saya minta seluruh peserta yang mengikuti diklat ini harus cekatan. Karena itulah mengapa saudara-saudara berada di tempat ini mengikuti diklat. Saya menilai diklat ini sangat strategis, makanya ikuti seluruh materi pelajaran dengan sungguh-sungguh," katanya. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email