• Breaking News

    Thursday, November 6, 2014

    Perizinan Terpadu Sumut Baru Layani Puluhan Pemohon

    Tobapos -- Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu atau BPPTSP Sumatera Utara baru melayani atau menerbitkan 67 jenis izin dan diharapkan semua proses perizinan yang masih dikuasai instansi lain dlilimpahkan ke badan tersebut.

    "Masih banyak pengurusan izin dari instansi yang belum dilimpahkan ke kami seperti perizinan di Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Diskominfo," kata Kepala BPPTSP Sumatera Utara, Sarmadan Hasibuan di Medan, Rabu.

    Presiden Joko Widodo sendiri, kata dia, sudah menginstruksikan agar berbagai perizinan dilakukan sistem satu pintu.

    Dia menjelaskan, dari 229 perizinan yang harusnya sudah dilimpahkan ke BPPTSP, tetapi sejak 2011 baru 67 izin yang ditangani pihaknya.

    "Untuk bisa menarik investor dan membantu perkembangan usaha di Sumut di tengah krisis ekonomi yang masih terjadi dan akan masuknya era MEA (masyarakat ekonomi ASEAN), pengurusan perzinan harus dipermudah dan BPPTSP siap melaksanakannya," katanya.

    Samardan menambahkan, per 22 Oktober 2014, pihaknya telah mengeluarkan 123 izin.

    Izin pengambilan dan pemanfaatan air permukaan (SIPAP) paling banyak, mencapai 64 pemohon yang sudah diproses, izin lingkungan sebanyak 18, usaha industri primer hasil hutan kayu (IUIPHHK) sebanyak 14 izin dan lainnya.

    "Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik seperti pengurusannya lebih cepat. Sekitar dua hari dengan catatan kalau berkasnya lengkap. Paling lama 30 hari izin keluar," katanya.

    Sarmadan mengatakan, penerapan pelayanan terpadu sudah diberlakukan di 33 kabupaten/kota di Sumut.

    "Jadi, instruksi Presiden Jokowi (Joko Widodo) bahwa setiap daerah harus membentuk layanan satu atap sudah dilakukan Sumut," katanya.

    Namun diakui, meski semua sudah menerapkan kayanan itu, tetapi belum 100 persen diserahkan ke BPPTSP karena berbagai hal. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email