• Breaking News

    Friday, September 4, 2015

    Jokowi Puji Pembangunan Terusan Suez

    Tobapos --  Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada Presiden Mesir Al-Sisi atas peresmian Terusan Suez yang baru.

    "Kami ingin ucapkan selamat atas peresmian Terusan Suez dan membawa kesejahteraan pada rakyat Mesir," kata Presiden saat pertemuan bilateral dengan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat petang.

    Presiden juga menyambut baik kunjungan Presiden Al-Sisi dan diharapkan bisa meningkatkan kerjasama antara kedua negara.

    "Kami sangat menghargai kunjungan Presiden Abdel Fattah Al-Sisi ke Indonesia dan kita ingin meningkatkan terus hubungan Mesir dan Indonesia," tegas Presiden.

    Terusan Suez yang baru diresmikan pada bulan Agustus lalu. Utusan khusus Presiden Alwi Shihab mewakili Presiden dalam acara tersebut.

    Sedikitnya 26 kepala negara dan atau kepala pemerintahan menghadiri undangan Presiden Al Sisi, antara lain Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Sudah Omer Hassan Al Bashir, Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita, Presiden Irak Mohamed Fuad Maksum dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

    Terusan Suez adalah satu-satunya jalur pelayaran laut paling dekat yang menghubungkan Asia dengan Eropa.

    Selama 146 tahun atau sejak dibuka pada 1869, terusan yang mengubungkan Laut Merah dan Laut Tengah itu hanya melayani satu jalur, namun dibukanya Terusan Suez Baru membuat ada dua jalur perlayaran berdampingan di terusan ini yang diperkirakan menaikkan pendapatan Mesir dari 5,3 milar dolar AS menjadi 13,3 miliar dolar setiap tahun. (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email