• Breaking News

    Wednesday, November 4, 2015

    Ini yang Dibicarakan Jokowi dengan Presiden Finlandia

    Tobapos -- Selain masalah-masalah ekonomi yang menyangkut perdagangan, investasi dan energi terbarukan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Finlandia Sauli Vainamo Niinisto yang tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11), bersama Ibu Negara Jenni Hauk, juga membicarakan masalah hubungan internasional, khususnya menyangkut konteks Uni Eropa, dan masalah penyelesaian sengketan di sebagian wilayah dunia.

    Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pada bidang ekonomi ada tiga bagian yang dibahas, yaitu pertama upaya peningkatan perdagangan dan investasi. Menurut Menlu, kedua presiden sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral sampai seniali 1 miliar dollar AS pada tahun 2016, atau naik dibanding  nilai perdagangan sampai tahun 2014 hampir 800 juta dollar AS.

    “Jadi pada target itu kita harapkan akan tercapai,” kata Retno kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/11) sore dikutip dari situs setkab.go.id.

    Kedua, masih dibidang ekonomi adalah investasi. Menlu menjelaskan, Indonesia  berupaya meningkatkan kerjasama investasi terutama di bidang energi terbarukan dan energi efesiensi.

    Ketiga, lanjut Menlu, adalah berkaitan dengan IT (Information Technology) atau dengan digital ekonomi. “Sebagaimana teman-teman ketahui kita memiliki visi pada tahun 2020 akan menjadikan Indoensia pasar digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Jadi di agian ekonomi tadi, di bagian perdagangan, investasi , dan inovasi,” terang Retno. (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email