• Breaking News

    Saturday, January 23, 2016

    Hadapi MEA bukan dengan Membendung TKA

    Tobapos -- Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri menegaskan dibutuhkan soliditas kuat antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menghadapi pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan lebih meningkatkan sinergisitas program kegiatan ketenagakerjaan.

    Menurut Menaker Hanif menghadapi MEA bukan lagi persoalan membendung atau mengendalikan Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk ke Indonesia, tapi mendorong agar pekerja Indonesia berdaya saing tinggi dan mampu bersaing dengan pekerja asing.

    “MEA urusannya dengan daya saing. Bukan urusannya dengan bendung-membendung pekerja antar negara ASEAN. Kalo bendung-membendung lalu apa gunanya MEA?," Menaker Hanif seusai  Rakornas bidang ketenagakerjaan tahun 2016 di Jakarta, Kamis (21/1).
     
    Menurut Hanif ada asumsi yang salah soal MEA, terutama terkait isu bakal maraknya tenaga kerja asing yang masuk Indonesia setelah berlakunya MEA. Pemberlakuan MEA jangan diibaratkan sebagai bendungan yang jebol dan akan mengakibatkan masuknya TKA secara besar-besaran.

    "Banyak yang berfikir MEA itu seperti bendungan dijebol, sehingga  ada dua kelompok pekerja (luar dan dalam negeri) yang saling berhadapan. Masyarakat jangan khawatir, karena TKA yang masuk harus mempunyai kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang ditawarkan. Justru saya malah khawatir banyak tenaga profesional kita yang bekerja di luar negeri karena tingkat kesejahteraannya lebih tinggi," kata Hanif.

    Kata Hanif, prinsip yang harus dipegang dalam MEA adalah  partnership (kerjasama) dan kompetisi daya saing. Jadi harus dilihat dengan optimis dan  kehati-hatian.

    "Optimis bisa bersaing dan hati-hati mengantisipasi tenaga kerja asing dengan menyiapkan SDM pekerja Indonesia yang berkompetensi tinggi," kata Hanif.

    Hanif mengatakan  tantangan dalam menghadapi pemberlakuan MEA adalah bagaimana melakukan percepatan peningkatan daya saing di semua bidang terutama 8 sektor yang sudah masuk dalam kategori MRA.   (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Opini

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email