• Breaking News

    Monday, April 25, 2016

    Mengenal Budayawan Marhaban Sigalingging

    Sumber: http://jbmi.or.id/
    Tobapos -- Marhaban Sigalingging dilahirkan di Sidikalang pada tanggal 23 Januari 1965 dari Pasangan H. Amsal Saleh Sigalingging (Almarhum) dengan Ibu Hj. Tiona Manalu. Mengikuti pendidikan di SD Negeri 3 Tahun 1970-1976 dan SMP Negeri 1 Tahun 1978-1981 di Sidikalang, Kabupaten Dairi. Dari Tahun 1981-1984 SMA KHALSA, Medan. Lulus SMA langgsung melanjutkan Studi S1 ke Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Sumatera Utara (USU), Medan (Lulus 1990). Sambil bekerja melanjutkan Studi S2 ke Jurusan Manajemen Keuangan, Magister Maanajemen, STIE Institut Pengembangan Wiraswasta Jakarta (STIE-IPWIJA) dan Lulus 29 Januari 2002. Pada awal 2010 melanjutkan Studi Pasca Sarjana S3 di  Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Universitas Negeri Jakarta (Status Kandidat Doktor).

    Selama Kuliah di Universitas Sumatera utara (USU), Marhaban Sigalingging, selain memberikan bimbingan belajar (Bimbel) kepada para Siswa/i SMA (SLTA), sejak duduk di bangku kuliah semester 1 sudah aktif mengajar formal sebagai Guru Matematika dan Fisika di beberapa sekolah Yayasan Perguruan Swasta (SD-SMP,SPG dan SMA) al. di SMA UISU (1984-1990) dan di SMA Negeri 6, Medan (1985-1989). Setamat Sarjana S1 sebagai Dosen di beberapa Universitas di Medan, selama dua tahun.

    Semasih duduk di SD, SMP dan SMA pernah Ketua OSIS dan Ketua Pramuka mengikuti Jambore Nasional 1977 (JAMNAS PRAMUKA) dan Pelatihan Dasar Resimen Mahasiswa – Baret Ungu dan juga Kader HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).

    Tahun 1992-2003 bekerja di Jakarta sebagai Profesional di berbagai perusahaan Nasional dan Multinasional. Tahun 2004 mendirikan PT. MITRA INTIMARGA, berperan aktif dengan jabatan sebagai Direktur sampai sekarang. Komisaris Utama di PT. Mitra Tambang Sosa (2006-sekarang). Dan juga sebagai Direktur Utama di PT. Artha-Bumi Hasian (Mining Services & Exploration Rental Equipments) dan CV. Al’Fitrah Tour (Ticketing and Money Changer) serta Komisaris Utama CV. Surya Mitra Kemakmuran, Bekasi (2009-sekarang), pendiri sekaligus Pemegang Saham Mayoritas PT. Dunia Mitra Technology (DMT), PT. Rahmat Mitra Instruments (RMI), dan President Director Mitra Corporation (MITRA CORP.)

    Pemilik GRAHA MARHABAN, yang ada di Bekasi Kota.

    Sebagai Profesional aktif di berbagai organisasi seperti HFI (Himpunan Fisikawan Indonesia), ASPINDO (Assosiasi Jasa Pertambangan Indonesia), IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) dan HAGI/SEAG ( Himpunan Ahli Geofisika Indonesia/South East Asian Geophysics) dan mengikuti  berbagai pelatihan baik di dalam negeri (regional) maupun di berbagai negara (internasional) seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Jepang, Thailand, Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Swiss, Cezhslovakia, Canada dan USA. Juga di lingkungan kemasyarakatan sebagai salah satu Ketua PERSIGAYANA ( Popparan Raja Sigalingging ) dan pembina serta penasehat Marga dan Naposobulung ( Muda – Mudi ) se JABODETABEK. Ketua di FK-PARNA ( Forum Komunikasi Popparan Raja Naiambaton ) se Jakarta Raya. Ketua Dewan Penyantun Masjid Jamik Al’Mujahirin. Bendahara Umum Forum Wacana Mahasiswa Pasca Sarjana, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Dewan Pembina dan sekaligus Ketua Majelis Taqlim dan Pendiri serta DKM Mushalla Al’Fitrah 1 & 2 di Bekasi.

    Diorganisasi Partai Politik aktif sebagai Penasehat DPC Partai Gerinda, Kota Bekasi. Caleg DPR-RI Dapil SUMUT 3 dari PARTAI GERINDRA (thn. 2009).

    Aktif mengikuti Kursus Bahasa Inggris mulai Tahun 1975-1983 dan Kursus Bahasa Jerman selama 3 (tiga) Tahin di Goethe Institute, Jakarta. Bisa berbahasa Batak Toba – Indonesia –  Inggris dan Jerman.

    Menikah 8 Juni 1997 dengan AKBP Andi Nurlia, SH yang bertugas di Dir 3 BARESKRIM-MABES POLRI. Putri Bapak Kapt. Kav. Basoonto Daeng Painga (Almarhum) dan Ibu Hj. Kokon Koniah. Dikaruniai 1 Putri (Siti Percika Al’Fitrah : Lahir 27 Juni 2002) dan 1 Putra (Alif Ray Al’Fitrah : Lahir 28 Nopember 2005) yang masih duduk di Bangku Sekolah Dasar Al-Azhar, Kemang Pratama, Bekasi.

    Alamat Rumah (Gelar : Oppung Tuan Haji), di GRIYA METROPOLITAN Blok B 5 No. 2-3, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan dan yang memiliki akses khusus lewat Gang H. Marhaban di Kampung Pekayon, Bekasi Selatan.  (lihat sumber di sini atau di sini)

    NB. Posting ini merupakan bagian dari serial Tokoh Batak di Jakarta. Lihat info selanjutnya di sini. 

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Opini

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email