• Breaking News

    Friday, April 22, 2016

    Profil Alumni Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan: Qodrisyah Siregar

    Tobapos -- Apa yang terpikir dalam benak Anda ketika mendengar kata hipnoterapi? Mungkin bagi yang sering menonton acara hiburan, hipnoterapi atau hipnotis menjadi satu jenis permainan pola pikir yang sifatnya menghibur. Di sisi lain, hipnotis ternyata juga kerap identik dengan tindak kejahatan seperti penipuan. Kini semakin berkembangnya teknologi informasi, ternyata hipnotis dimanfaatkan sebagai salah satu metode penyembuhan beberapa penyakit yang terkait dengan pikiran seperti stres. Salah satu pegiat, trainer dan hipnoterapi di Medan adalah Qodrisyah Siregar.

    MEMULAI profesi sebagai terapis atau trainer hipnoterapi sudah dimulainya sejak 2009 lalu. Qodrisyah mengungkapkan bagaimana ia bisa terjun di bisnis ini. Direktur Quantum Enlightenment Indonesia ini menuturkan bagaimana ia memulai bisnisnya. Usaha yang dirintisnya ini bergerak di bidang training, coaching, therapy with NLP & hypnotherapy approached. Alumnus Fakultas Hubungan Internasional salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta ini, mengaku jatuh cinta dengan dunia hipnoterapi. Semula ia sempat stres karena beberapa usaha sebelumnya mandeg di tengah jalan dan tidak memiliki kemajuan.

    "Saya sempat kerja di perusahaan ekspor garmen di Semarang. Tapi karena dulu inginnya jadi enterpreneur saya tinggalkan, dan awal usaha saya malah jualan jamu di daerah kampus UGM," kenangnya. Namun bisnis tersebut tidak berjalan lancar dan akhirnya harus berhenti, dan di tahun 2008, dia kembali ke Medan dan memulai babak baru dalam hidupnya.

    Beragam usaha juga sempat ia coba saat kembali ke Medan, mulai dari berdagang pakaian muslim dan juga membuka usaha doorsmeer sepeda motor. "Karena terkendala di modal beberapa usaha itu akhirnya berhenti, tapi tetap semangat buka doorsmeer," katanya, sampai akhirnya ia menemukan bagaimana menjadi trainer dan bia bicara di depan orang banyak dibayar mahal pula.

    Ketertarikannya dengan teknik persuasi ini pun bermula saat ia mengikuti sebuah training di Jakarta pada tahun 2009. Saat itu dia sedang dilanda krisis keuangan, belum lagi di tahun yang sama, ia harus menerima janin yang dikandung istrinya mengalami gangguan. Tapi ia memang tak berhenti mencari peluang usaha, sampai akhirnya ia memutuskan mengikuti training neuro-linguistic programming (NLP). Ia mendapatkan info training ini dari temannya di Yogya. Qodrisyah mulai browsing di internet, mengikuti training NLP dengan biaya Rp 20 juta.

    Semangatnya untuk bisa mandiri dan mengubah hidup agar perekonomiannya menjadi lebih baik membuatnya bangkit dan bahkan menjadi kuat. Dukungan dari sang istri juga menjadi motivasi penting baginya untuk menggeluti bisnis pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan komunikasi tersebut.
    Bermodalkan training yang diikutinya, Qodri pun semangat memulai usahanya. Qodrisyah pun telah menyabet beberapa tingkatan untuk menjadi seorang Trainer, ia juga sudah mendapat gelar Master NLP (Neuro-Linguistic Programming) berlisensi Internasional, resmi dari DR. Richard Bandler (Co-Creator NLP) dan The Society of NLP, Orlando, USA (Licensed Master NLP Practitioner).

    Ketertarikannya yang mendalam pada pengembangan potensi manusia membawanya mempelajari berbagai mind technology seperti NLP, hypnosis, hypnotherapy, EFT, yang menjadikannya seorang professional hypnotist dan hypnotherapist dan certified instructor of hypnotherapy dari The Indonesian Board Hypnotherapy (IBH) sebuah lembaga hipnoterapi terbesar di Indonesia. Dan ia juga seorang certified master communication skill specialist yang juga mendalami Ericksonian Hypnotherapy.

    Apalagi ia termotivasi untuk merubah lebih dulu mindset atau pola pikirnya. "Mulanya ingin mengubah diri sendiri dan menginspirasi orang lain, tapi saya optimis bisnis ini bisa berkembang apalagi dengan beragam problem dihadapi masyarakat sekarang," jelasnya. Dalam menjalankan bisnis ini, dia mengaku banyak menghadapi tantangan. Karena image hipnotis yang selama ini negatif, termasuk keluarga tidak memberikan dukungan. Namun dari semangatnya tersebut, kini tidak sia-sia, karena bisnis training ini justru dibutuhkan perusahaan, untuk peningakatan SDM.

    Mendirikan Quantum Enlightenment

    Karena kepeduliannya pada dunia pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, Qodri mendirikan Quantum Enlightenment Indonesia ini pada tahun 2009, sebagai sarana untuk membantu banyak orang dalam membangkitkan potensi yang ada dalam diri mereka baik dalam bidang pendidikan, komunikasi, leadership, pengembangan diri. "Saya termotivasi oleh seorang pebisnis pendidikan di Bali. Ternyata pendidikan tidak hanya terpusat pada gedung bagus dengan sistem yang bagus pula, lewat hipnoterapi atau perbaikan pola dasar pikiran, tiap orang bisa mendapatkan pendidikan atau peningkatan sumber daya manusia lewat pola pikir ke arah lebih baik," jelas suami dari A. Nada Sofa ini.

    "Dulu orang tidak percaya terhadap jasa training atau persuasif dengan sistem hipnoterapi, namun kini banyak dicari untuk peningkatan sumber daya manusia. Terlebih dalam satu tahun di Indonesia setidaknya transaksi dari bisnis trainer ini mencapai Rp 4 triliun dalam setahun," ungkap Qodri, menurutnya dari sini, setiap perusahaan pasti punya budget untuk peningkatan SDM. Salah satunya melalui training, dan pasar training sangat luas,ujarnya dan saat itu pemainnya juga belum banyak.

    Maka ada tiga produk dari Quantum Enlightement yang ditawarkan. Salah satunya adalah in house training yaitu kebutuhan-kebutuhan training perusahaan, misalnya perusahaan itu butuh leadership training, manajemen stres, outbond training, untuk sales, training manajer, atau perusahaan-perusahaan yang butuh pelatihan-pelatihan untuk karyawannya yang sifatnya softskill.

    Kedua The Mind Light yaitu jasa hypnotherapy clinic bagi personal, yang mengalami gangguan seperti stres, phobia terhadap sesuatu, atau penyakit pikiran lainnya. Cara kerja produk ini biasanya lebih personal, Qodri juga menyiapkan ruangan khusus di rumahnya, yang juga berfungsi sebagai kantor dan tempat therapy. Klien yang datang biasanya mengeluhkan gejala gangguan yang dialami.

    Misalnya phobia atau stres berkepanjangan. Tarif yang ditawarkan untuk sekali sesi pertemuan terapi 750ribu rupiah. Teknik terapi yang dilakukan Qodri, tidak berbeda dengan terapis lainnya, yaitu mencoba menyembuhkan klien dengan menuntun mereka mengendalikan pikiran mereka. "Biasanya pada orang yang depresi, mereka mengalami ketakutan di dalam pikiran mereka yang belum tentu terbukti. Nah hipnoterapi membuat klien bisa menjadi tuan atas pikirannya sendiri, tidak lagi dikendalikan oleh alam bawah sadar atau ketakutan yang tersimpan di dalam pikirannya," jelas Qodri.

    The MindLight dijelaskannya juga merupakan pusat transformasi pengembangan diri (life transformation center) dan klinik hipnoterapi Medan profesional yang memberikan layanan jasa hipnoterapi dan Personal Life Transformation Program yang membantu menyelesaikan berbagai masalah mental dan emosi, seperti phobia, insomia, stress management, kecemasan yang berlebihan, berhenti dari kebiasan buruk, percaya diri, dan motivasi juga program pendampingan untuk melakukan transformasi pengembangan diri lainnya seperti yang diinginkan kliennya.

    Produk selanjutnya adalah event organizer untuk seminar dan pelatihan, tapi Qodri mengkhususkan seminar dan pelatihan yang ditangani timnya adalah seminar yang sifatnya pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan. Sebagai seorang trainer dan pembicara publik, Qodri telah berbicara di depan ribuan orang baik dalam publik training/seminar maupun in-house training di berbagai perusahaan swasta, pemerintah, lembaga internasional, sekolah, kampus dan organisasi.

    Selain mengembangkan perusahaannya, Qodri juga aktif di beberapa organisasi seperti Komunitas Sukses Mulia dan Komunitas Tangan Di Atas. "Satu visi misi saya ke depan adalah dengan usaha ini, saya bisa memberikan edukasi atau pendidikan non formal yang sifatnya mencerahkan. Juga lewat seminar-seminar yang ingin jelaskan bahwa metode hipnoterapi adalah metode positif untuk memperbaiki pola pikir kita, jadi image negatif mengenai hipnotis bisa perlahan berkurang," tutupnya.  (sumber)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email