• Breaking News

    Saturday, April 30, 2016

    Road To Dakwah Harian Waspada di Humbahas, Taput dan Tobasa

    Hasbi Mawardi Lubis Memberikan Ceramah Pada RTD
    Tobapos -- Pelaksanaan Road To Dakwah (RTD) Harian Waspada bekerjasama dengan Kanwil Kemenagsu di Tobasa (Balige), Kamis (28/4), berlangsung meriah. Kegiatan berpusat di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tampubolon Balige, bersamaan dengan kegiatan tablig akbar dihadiri masyarakat muslim Kab. Toba Samosir, Humbang Hasudutan dan Kab. Samosir, kepala sekolah, Badan Kenaziran Masjid (BKM) dan lainnya.

    Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Sumut Drs H.Tohar Bayoangin, MAg dan Kabag Penais Zakat dan Wakaf Drs H. Jaharuddin, Pimpinan Umum Harian Waspada dr Hj. Rayati Syafrin, Kakankemenag Toba Samosir Dr Wilson Simajuntak, MPdK, Kakankemenag Taput Drs Helmut Tambunan, Kakankemenag Humbang Hasundutan Drs H.Julsyukri Limbong, Ketua Pengadilan Agama Balige Syarkasi, MH, Kapolsek Balige Vesta Simarmata, Ketua MUI Toba Samosir Drs Johari Efendi Samosir, Ketua MUI Taput Samsul Pandiangan, Ketua MUI Humbahas Rizal Hutagalung.

    Tim RTD Dedi Saputra menyebutkan, kegiatan ini bagian dari kepedulian bentuk tanggungjawab Harian Waspada kepada umat, sesuai thema, perang melawan narkoba, lewat ceramah agama. “Narkoba musuh bersama dan menjadi sesuatu yang merugikan,” katanya yang berharap kegiatan berkelanjutan ini memberi manfaat untuk umat.

    Apresiasi Waspada

    Ketua MUI Toba Samosir Drs Johari Samosir dan Kankemenag Dr Wilson Simajuntak mewakili Kankemenag Humbahas Drs H. Julsyukri Limbong dan Kankemenag Taput Drs Helmut Tambunan, mengapresiasi Harian Waspada dan Kanwil Kemenagsu yang menyediakan waktu berkunjung ke daerah ini.

    Dengan kegiatan ini, kata Johari Samosir, umat Islam ditiga kab/kota bisa mendapatkan pengetahuan agama. “Penyuluhan agama yang dilaksanakan Waspada dan Kanwil Kemenagsu ini sangat bermanfaat,” ujarnya.

    Hal senada disampaikan Dr Wilson Simajuntak, bahwa kegiatan ini menjadi wujud kebersamaan dalam mencapai kebaikan, meski pun dilaksanakan umat Islam, tetapi umat lain tetap memberi dukungan. “Memang begitulah seharusnya menjalani hidup yang rukun antar umat beragama,” katanya.

    Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumut Drs H. Tohar Bayoangin, MAg menyebutkan kegiatan RTD dan Kemenagsu berkelanjutan untuk member pembinaan keagamaan bagi umat di berbagai daerah.

    “Kegiatan ini sudah hari kedua, setelah di Pematangsiantar Senin lalu,” katanya yang menyebutkan bulan depan akan dilanjutkan ke Samosir. Dengan kegiatan ini diharapkan umat Islam di daerah ini tetap merasa terperhatikan.

    “Kegiatan ini hendaknya menjadi perekat silaturahmi antar umat Islam dan saling menghargai dan menghormati antar pemeluk agama. Sehingga harmonisasi keagamaan terus terpupuk.

    Sukses Berkat Shalat

    Umat Islam diingatkan untuk melaksanakan shalat, karena shalat menjadikan seseorang sukses. “Shalat itu wajib dilaksanakan lima waktu sehari semalam,” kata Al Ustad Hasbi Mawardi Lubis, saat menyampaikan tausiyah.

    Karenanya shalat yang diawali dengan seruan azan mempunyai falsafah yang perlu ditiru. Bagaimana seorang muazin (yang azan) memanggil orang lain agar melaksanakan shalat, dengan keikhlasannya agar sama-sama melaksanakan kewajiban shalat. Pekerjaan seorang muazin,sambung dia, juga mendapat pahala bahkan bisa luntur dosa-dosanya.

    “Laksanakan shalat setelah mendengarkan azan,” ucapnya.

    Dia juga mengingatkan agar umat Islam menghargai waktu. Karena waktu yang mempertemukan dan waktu pula yang memisahkan. Demikian pula kepada kaum ibu, hendaknya memanfaatkan waktu dengan baik, amal ibadah dan mengurus rumah tangga dengan ikhlas, semua akan mendapat pahala tak terhingga di sisi Allah SWT.

    Acara dirangkai pemberian ulos oleh keluarga besar Kankemag Tobasa, Humbahas dan Taput untuk Pimpinan Umum Harian Waspada dr Hj. Rayati Syafrin dan Kakanwil Kemenagsu Drs H. Tohar Bayoangin,MAg. Serta bantuan Harian Waspada untuk masjid di kawasan itu.  (beritasore)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email