• Breaking News

    Tuesday, May 24, 2016

    Kisah Sugiyatmi, Pemilik Warung Makan Bangun Pesantren

    Tobapos -- Nama Sugiyatmi, 71 tahun, begitu terkenal di Surakarta. Dia merupakan seorang pengusaha warung makan yang sangat digemari di kota itu, Taman Sari.

    Dikutp dari dream.co.id. kini, Sugiyatmi memiliki sebuah pondok pesantren yang baru selesai dibangun dan mulai aktif beroperasi pada 2015 lalu. Pondok pesantren tersebut dikhususkan bagi para penghafal Alquran.

    Semua berawal dua tahun lalu. Kala itu, dia bermimpi tengah duduk di teras Masjid Maryam yang terletak di samping rumahnya.

    Dalam mimpi itu, dia melihat Ustaz Yusuf Mansur tengah menggandeng anak laki-lakinya. Keduanya berpakaian ihram.

    Anak tersebut lantas menggandeng tangan ibunya dan mengajak mengunjungi makam sang suami di samping masjid. Makam itu ternyata sedang kebanjiran.

    Mimpi tersebut lantas mengantarkan Sugiyanti berkenalan dengan Yusuf. Wanita tersebut mengaku terinspirasi dengan ceramah-ceramah yang disampaikan sang ustaz.

    "Setelah mengenalnya, saya senang membaca buku-bukunya. Lalu saya ingin sekali bertemu untuk menyedekahkan apa yang saya punya," ujar Sugiyatmi.

    Sugiyatmi lantas bertekad untuk membangun pondok pesantren di atas lahan seluas 3.000 meter persegi di sekitar masjid. Dia membeli lahan tersebut seharga Rp 1,6 miliar secara patungan dengan putrinya, Sindu.

    Proses pembangunan dimulai pada September 2013 dengan diawali peletakan batu pertama oleh Yusuf Mansur. Pembangunan pondok pesantren tersebut menghabiskan waktu dua tahun dan pada 3 September 2015 lalu bangunan sudah selesai dikerjakan.

    Terdapat satu bangunan utama di pondok pesantren tersebut, yang kemudian diberi nama Gedung Ismail, yang merupakan nama dari mendian suami Sugiyatmi. Penamaan tersebut diambil atas saran seorang kawan Sugiyatmi yang juga pengusaha di Surakarta, Adib Ajiputra.

    "Kalau ditanya habisnya berapa buat membangun Gedung Ismail, saya nggak tahu. Pokoknya niat saya sedekah," kata Sugiyatmi. (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email