• Breaking News

    Sunday, May 1, 2016

    Peran Perguruan Tinggi Islam dalam Penyiapan Industri Produk Halal

    Tobapos -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Muhammad Hanif Dhakiri, menilai perguruan tinggi islam memiliki peranan penting dalam percaturan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Perguruan tinggi islam menjadi sangat strategis terkait penyiapan tenaga kerja untuk menangkap peluang yang ada dalam MEA.

    Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi islam adalah di bidang industri kreatif dan industri halal. Produk halal bisa menjadi andalan Indonesia dalam memenangkan persaingan di MEA.

    Pasalnya, 50 persen penduduk ASEAN merupakan muslim. Itu artinya, kebutuhan akan produk halal sangat tinggi sehingga ini menjadi peluang bagi Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim sebagai penyedia utama produk-produk halal di ASEAN.

    "Seperti kita ketahui, penduduk muslim di wilayah ASEAN sekitar 300 juta orang atau kurang lebih 50 persen dari total penduduk ASEAN. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di kawasan ASEAN dapat memainkan peran yang sangat signifikan baik sebagai konsumen atau produsen," kata Menaker Hanif dalam sambutan yang dibacakan Dirjen Binalattas, Khairul Anwar, pada Sarasehan Alumni UIN Walisongo bertajuk Peluang dan Tantangan Alumni Menghadapi Era MEA di kampus UIN Walisongo, Semarang, Rabu (27/4).

    Bahkan, lanjut Menaker Hanif, Indonesia tidak hanya dapat memainkan peranan penting di ASEAN, melainkan juga secara global. Mengingat Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

    "Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Penduduk muslim Indonesia menyumbang 22,43 persen dari total populasi penduduk  dunia yang mencapai 7,021 milyar," kata Menaker Hanif.

    Menaker berharap perguruan tinggi islam dapat menangkap peluang akan kebutuhan industri produk halal tersebut. Untuk itu, perguruan tinggi islam dituntut untuk dapat menyiapkan tenaga kerja yang berdaya saing dan kompeten. (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email