• Breaking News

    Thursday, May 19, 2016

    Quote of the Day: Prof. DR. H. Imam Suprayogo Soal Pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan

    Tobapos -- Kesan umum pesantren adalah tidak mempedulikan kebersihan dan apalagi keindahannya. Umumnya, karena keterbatasan biaya operasional, dan juga alasan lainnya, perawatan lingkungan pesantren belum menjadi prioritas. Keadaan kumuh, kurang teratur, dan juga  pembiaran lingkungan apa adanya adalah menjadi ciri khas kehidupan pesantren.

    Di pesantren diajarkan tentang bersuci hingga detail. Akan  tetapi rupanya, mereka terlalu membedakan antara bersih dan suci. Warga pesantren pada umumnya sangat berhati-hati dalam memelihara  kesucian. Sebagai  bukti  kehati-hatinya itu, maka di setiap bagian depan pintu keluar dari tempat  wudhu, selalu  dibuatkan kolam pemisah. Dengan demikian, setiap  orang yang keluar dari tempat  wudlu masih harus menginjak kolam itu, agar kaki mereka  tetap terjamin kesuciannya.

    Umpama saja kehati-hatian di dalam menjaga kesucian juga diimplementasikan dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungannya, maka pesantren akan menjadi tauladan di dalam  berbagai hal secara sempurna. Namun sayangnya, kesucian dibedakan dari kebersihan. Kesuciannya dijaga sepenuhnya, namun sebaliknya, kebersihannya seringkali masih dilewatkan.


    Lihat Sumbernya di sini (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email