• Breaking News

    Tuesday, May 24, 2016

    Wisata Sejarah Mengenal Jenderal Soedirman

    Tobapos -- Jenderal Soedirman merupakan salah satu sosok pahlawan nasional yang berkontribusi besar terhadap Tanah Air. Dengan metode perang gerilya, Jenderal Soedirman mampu mempertahankan Republik Indonesia dari serangan Belanda. Kini, menjelang satu abad kelahiran Jenderal Soedirman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggrakan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) dengan tema "Satu Abad Jenderal Soedirman: Mengukuhkan Karakter Bangsa".

    Pelaksanaan Lasenas dijadwalkan berlangsung pada 25 sampai 29 Juli 2016. Perjalanan akan dimulai dari Yogyakarta, Pacitan, hingga Nganjuk. Selama lima hari tersebut, para peserta yang terdiri dari siswa SMA terpilih, guru sejarah tingkat SMA, komunitas sejarah, dan wartawan akan diajak untuk melawat tempat persinggahan Jenderal Soedirman selama melakukan perang gerilya.

    "Lasenas bertujuan memberikan inspirasi dan membangkitkan wawasan serta kesadaran generasi muda terhadap semangat juang dan pengabdian Jenderal Soedirman. Kemudian menumbuhkan kesadaram sejarah dan mengenalkan objek peninggalan bersejarah," ujar Pelaksana Teknis (Plt) Direktur Sejarah Ditjen Kebudayaan Kemdikbud, Taufik Hanafi di Gedung E Kemdikbud, Jakarta, Senin (23/5/2016) dikutip dari okezone.com.

    Dia memaparkan, kegiatan terdiri dari lawatan ke tempat-tempat bersejarah sesuai jalur perang gerilya, temu tokoh yang mempunyai pengetahuan tentang sejarah perjuangan Jenderal Soedirman, dialog interaktif sejarah, kuis, lomba karya tulis sejarah, serta kesenian multikultur. Ada pun para peserta yang mengikuti kegiatan ini wajib mendapatkan izin dari sekolah dan orangtua, serta membuat karya tulis dengan tema yang sudah ditetapkan panitia.

    "Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi penyemangat generasi muda, artinya bahwa capaian masa lalu yang dilakukan oleh para pendiri bangsa perlu ditindaklanjuti sebagai semangat untuk generasi di masa mendatang," imbuhnya. (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email