• Breaking News

    Monday, August 1, 2016

    Apa Itu Maderasa, Tahu? Kisah Madrasah di Lembah Baliem, Papua

    Tobapos -- “Maderasa” adalah sebutan masyarakat di Wamena untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Merasugun Asso yang terdapat di kampung Assoyaleget distrik Walesi kabupaten Jayawijaya Papua. Sekolah yang dibangun pada tahun 1982 tersebut merupakan Madrasah pertama dan satu-satunya di daerah Pegunungan Tengah Papua.

    Para siswanya berasal dari anak-anak muslim Suku Dani yang tersebar di berbagai distrik di Lembah Baliem Wamena, dan beberapa kabupaten pemekaran di sekitarnya. “Maderasa” tersebut berdiri tidak jauh dari SD Katolik Walesi, melangkah bersama demi kemajuan Papua, sekaligus sebagai simbol kerukunan antar umat beragama dalam membangun Papua dan Indonesia.

    Para siswa tidak dipungut biaya apa pun, semua peralatan belajar, perlengkapan sekolah, serta kebutuhan hidup sehari-hari digratiskan, bahkan mereka disediakan asrama, yaitu Pesantren Al-Istiqomah Walesi yang memang masih satu komplek dengan “Maderasa” tersebut. Kekurangan fasilitas tidak menyurutkan semangat para siswa yang datang dari perkampungan di atas bukit untuk belajar, sebagian dari mereka juga harus menempuh jarak yang sangat jauh. Para guru aktif mendidik dan memberikan pemahaman untuk kebutuhan hidup terhadap ilmu pengetahuan.

    Para siswa juga dibekali berbagai macam keterampilan, guna mencetak siswa yang mempunyai ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang bermartabat. (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email