• Breaking News

    Monday, August 15, 2016

    Pria Ini Sukses Ubah Kampungnya Menjadi Desa Wisata

    Tobapos -- Trisno adalah pemuda pertama di kampungnya yang berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana.

    Dulunya penduduk di kampung kelahirannya di Dusun Tanon, Desa Ngrawan Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, dikenal tidak berpendidikan dan miskin. Bahkan, banyak orangtua dari desa tetangga yang melarang anaknya menikah dengan warga dusun tersebut.

    Ini lah yang membuat Trisno bertekad memberdayakan masyarakat Dusun Tanon. Pria kelahiran 12 Oktober 1981 itu mengajak para warga untuk sadar wisata dan mengolah dusun mereka menjadi dusun wisata. Sebelumnya, sebagian besar penduduk Dusun Tanon adalah peternak sapi perah dan petani.

    "Kendala yang dihadapi di awal adalah masyarakat yang pesimis bahwa kegiatan desa wisata dapat meningkatkan penghasilan mereka. Setelah penduduk melihat ada hasilnya, barulah bisa mengajak semua warga untuk berpartisipasi," kata Trisno.

    Ada sekitar 114 orang di Dusun Tanon, semuanya berperan dalam kegiatan desa wisata, mulai anak-anak hingga usia lanjut. Agar ada regenerasi, Trisno mengajarkan cara menjadi pemandu, kini ada empat orang sudah bisa diandalkan menjadi pemandu.  (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email