• Breaking News

    Sunday, September 25, 2016

    Kemnaker Gelar Job Fair di Kemayoran, 5.000 Lowongan Kerja Ditawarkan

    Tobapos -- Kementerian Ketenagakerjaan menggelar Bursa Kerja Nasional (BKN) ke-14 selama 2 hari pada 23-24 September 2016 di JIExpo Kemayoran,  Jakarta Pusat. Sedikitnya 5.000 lowongan kerja dengan  200 jabatan dan posisi dari sekitar 74 perusahaan yang berpartisipasi dan menawarkan lapangan kerja bagi pencari kerja.

    Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatangan MoU tentang Bursa Kerja Khusus antara Kemenaker, Kemendikbud dan Kemenristekdikti. Serta penyerahan Penghargaan bagi Perusahaan yang mempekerjakan Disabilitas dan penyerahan penghargaan ISO Kepada Dinas Provinsi/Kabupaten dan Kota yang membiayai Ketenagakerjaan.

    Saat membuka Job fair ini, Sekjen Kemenaker Abdul Wahab Bangkona yang mewakili Menteri Ketenagakerjaan mengatakan dengan adanya MoU antar kementerian, dapat meningkatkan komitmen dan sinergi agar para pencari kerja dan lulusan pendidikan yang lulus dapat mendapatkan informasi pekerjaan dan langung terserap.

    “Seluruh perusahaan di Indonesia harus terbuka soal kebutuhan tenaga kerja di perusahaannya. Selain itu, perusahaan juga harus ikut membantu pemerintah mengurangi pengangguran dengan cara ikut mendidik dan melatih pekerja menjadi tenaga kerja yang berkompeten,” kata Sekjen Kemnaker Abdul Wahab Bangkona di Jakarta pada Jumat (23/9).

    Tujuan penyelenggaraan Bursa Kerja  Nasional XIV ini, kata Sekjen Abdul Wahab, untuk mempertemukan secara langsung para pencari kerja dengan pemberi kerja tanpa diskriminasi dalam upaya mendukung program pemerintah menurunkan angka pengangguran dengan menempatkan 2 juta penganggur pada tahun 2016, serta sekaligus mempromosikan berbagai kebijakan dan program penempatan tenaga kerja secara nasional.

    Dikatakan, angkatan kerja mencerminkan jumlah penduduk secara aktual siap memberikan kontribusi terhadap produksi barang dan jasa di suatu wilayah/negara. Berdasarkan berita resmi Badan Pusat Statistik (BPS), Pada Februari 2016 terdapat 127.7 juta orang angkatan kerja, terdiri dari 120,7 juta orang penduduk bekerja dan 7,0 juta orang penganggur atau tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,50 persen, jika dibandingkan kondisi setahun yang lalu (Februari 2015) TPT mengalami penurunan sebesar 0,31 persen.

    Dilihat dari tingkat pendidikan, TPT untuk pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan menempati posisi tertinggi (9,84 persen), disusul oleh TPT Diploma I/II/III (7,22 persen). Sementara TPT terendah terdapat pada tingkat pendidikan SD ke bawah yaitu sebesar 3,44 persen.

    Sementara itu Sekretaris Ditjen Binapenta, Kemnaker, Budi Hartawan mengatakan perusahaan peserta bursa kerja kali ini terdiri dari berbagai jenis usaha antara lain, retail, konstruksi, manufakture, asuransi dan perbankan, minyak dan gas, otomotif dan lainnya.

    “Job fair ini gratis alias tidak dipungut biaya. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan pendaftaran menggunakan sistem on line melalui website e-bursakerja.com,” jelas Budi.

    Dalam arena bursa kerja kali ini, selain perusahaan-perusahaan swasta ada juga stan BUMN. Diantaranya Peruri, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, Perum Percetakan Negara, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, PT Dirgantara Indonesia, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Angkasa Pura I, dan lainnya.  (adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email