• Breaking News

    Monday, October 31, 2016

    8 Standar Kompetensi yang Wajib Dimiliki Tenaga Kerja Bidang Kehumasan

    Tobapos -- Kementerian Ketenagakerjaan selalu berusaha menciptakan iklim pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga kerja bidang Kehumasan di Indonesia.

    Dari sisi regulasi, pentingnya penguasaan kompetensi kehumasan telah diatur dalam Kepmenakertrans No. Kep 39/MEN/II/2008 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Komunikasi dan Informatika Bidang Kehumasan.

    "Sesuai dengan regulasi tersebut, standar kompetensi humas Indonesia dirancang agar SDM Kehumasan mampu berkontribusi dalam strategi manajemen dalam menghadapi era persaingan global," kata R Irianto Simbolon, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga mewakili Menaker M Hanif Dhakiri menjadi pembicara dalam Konvensi Nasional Humas Indonesia 2016 di Bandung pada Jumat (28/10).

    Acara yang digelar Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) ini bertema "Membangun Kompetensi Humas Indonesia Bersaing di Kompetensi Global.

    Irianto mengatakan di era persaingan global saat ini,  tenaga kerja di bidang kehumasan harus terua mengembangkan diri dan dituntut wajib menguasai standar kompetensi kerja bidang kehumasan.

    Agar tenaga kerja bidang kehumasan memiliki daya saing dalam era persaingan global maka setiap tenaga kerja  bidang kehumasan  harus memiliki 8 standar kompetensi.

    "Standar kompetensi khusus yang harus dikuasai  tenaga kerja bidang kehumasan yaitu Komunikasi lisan, komunikasi tertulis, teknis kehumasan  dan management issue," kata Irianto.

    Standar kompetensi  humas lainnya, kata Irianto adalah kemampuan research, manajerial, leadership serta bahasa dan teknologi.

    "Dengan memiliki standar kompetenai yang tinggi, maka diharapkan tenaga kerja bidang kehumasan dapat terlibat lansung dan memiliki peranan penting dalam strategi manajemen," kata Irianto.

    Standar kompetensi  humas di bidang manajemen tersebut khususnya terkait dengan 5 kegiatan yaitu environmental scanning, scenario building, issue management, crisis management dan reputatition management.

    Terkait usulan perubahan terhadap Kepmenakertrans No. Kep 39/MEN/II/2008 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Komunikasi dan Informatika Bidang Kehumasan, Kemnaker tetap membuka peluang adanya  revisi dan terus melakukan kajian secara komprehensif.

    "Regulasi Kepmenakertrans No. 39  tetap menjadi rujukan dalam pengembangan kompetensi SDM tenaga kerja bidang kehumasan," kata Irianto.

    "Namun Kemnaker tetap terbuka jika ada saran, masukan atau perbaikan terhadap regulasi tsb. Kajian terus dilakukan dengan melibatkan seluruh stake holder terkait dan kalangan akademisi," kata Irianto.  (adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email