• Breaking News

    Tuesday, October 4, 2016

    Kemnaker Latih 600 Peracik Kopi Professional

    Tobapos -- Kementerian Ketenagakerjaan menggelar pelatihan pengembangan wirausaha pengolahan produk kopi dan bimbingan  (workshop) bagi  600 peracik kopi  (Barista) yang diadakan di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK) Lembang, Bandung Jawa Barat.

    “Produk olahan kopi makin berkembang dan digemari masyarakat. Oleh karena itu  Pemerintah terus mengembangkan  aspek kewirausahaan dan bimbingan Barista agar terus berkembang secara professional, “ kata Dirjen Pembinaan Penenmpatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker, Hery Sudarmanto  dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker pada Senin (3/10).

    Hal tersebut diungkapkan  Hery saat meresmikan Wirausaha East Indische Koffie dan Workshop Barista di BBPK  dan PKK Lembang, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (1/10) lalu bertepatan dengan perayaan Hari Kopi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

    Hery mengatakan Pemerintah, melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker)  terus meng-upgrade berbagai aspek pelatihan kewirausahaan, agar calon wirausahaan yang mengikuti pelatihan terus berkembang dan kompetitif dengan perkembangan dunia usaha dan industri.

    “Program ini merupakan variasi model dan inovasi baru dalam menciptakan perluasan usaha kerja bagi masyarakat dan mengembangkan wirausaha di masyarakat yang pada akhirnya akan mampu mengurangi pengangguran,” kata Hery

    Menurutnya, produksi kopi melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari petani kopi, pengolah kopi, jasa packaging, jasa distribusi, hingga sektor penjualan kopi di pasar dan kafe. Masing-masing sektor juga harus memperhatikan hal ihwal kompetensi dan produktivitasnya. Agar kualitas produksi kopi tersebut dapat terjaga.

    Oleh karena itu, Hery menambahkan  berbagai aspek program pelatihan barista di BBPK dan PKK Lembang sudah didesain sebaik mungkin agar berdaya saing. Diantaranya adalah kurikulum yang telah disesuaikan dengan standar profesi barista.

    “Kurikulum setiap sesi pelatihan yang diberikan mengacu pada standar kompetensi lembaga sertifikasi profesi barista sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing angkatan kerja Indonesia,” kata  Hery.

    Rencananya, melalui sekolah barista nasional ini, Kemnaker akan melatih 600 tenaga kerja yang akan diproyeksikan sebagai  barista professional yang siap bekerja ataupun mengembangkan wirausaha secara mandiri.

    Wirausaha

    Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK), Lembang, tak hanya menyelenggarakan berbagai program pelatihan kerja saja. BBPPK & PKK lembang juga menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan, sebagai upaya untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru Indonesia yang kreatif dan inovatif.

    Hery juga mengingatkan para wirausahawan, khususnya mereka yang baru merintis, tentang pentingnya membangun jaringan pasar. Jaringan pasar sangat penting untuk memperluas dan mempertahankan tumbuh kembang usahanya. Oleh karenanya, para wirausahawan harus bisa membangun akses pasar dalam berbagai bentuk kerja sama, kemitraan, maupun hubungan yang saling menguntungkan lainnya.

    Sementara itu, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) Abdul Wahab Bangkona menambahkan keberadaan wirausahawan baru di Indonesia sangat diperlukan karena memberikan manfaat ganda. Selain membantu perluasan kesempatan kerja, munculnya wirausaha juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

    “Diharapkan melalui pelatihan kewirausahaan ini, pemerintah dapat terus mencetak wirausahawan baru ini langkah pemerintah dalam upaya mencetak wirausaha baru dan memperluas kesempatan kerja,” kata  Abdul Wahab Bangkona.

    Keberadaan wirausahawan-wirausahawan baru sangat penting bagi Indonesia saat ini. Selain membantu pertumbuhan ekonomi nasional, keberadaan wirausahawan baru juga akan turut membuka lapangan kerja baru sebagai bagian dari perluasan kesempatan kerja.

    “Pemerintah pun berkomitmen untuk terus mendorong tumbuh kembanganya wirausahawan baru Indonesia, khususnya masyarakat generasi muda,” kata Abdul Wahab Bangkona  (ant/adm)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email