• Breaking News

    Saturday, October 8, 2016

    Go River Luncurkan Sekolah Sungai



    Tobapos --  Go River Indonesia sebagai lembaga, terus melakukan upaya upaya konservasi sumber daya air sungai dan kawasan. Pada pelaksanaan program - programnya Go River Indonesia membuka ruang partisipasi seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut berperan dalam pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian sumber daya air, sungai dan kawasan sungai, dengan kata lain menempatkan masyarakat sebagai subyek dan bukan sebagai obyek.

    Sekolah Sungai Go River Indonesia merupakan salah satu program Go River Indonesia dalam memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang sungai terhadap masyarakat. Dengan tujuan agar masyarakat mampu berperan aktif serta peduli terhadap persoalan konservasi sungai dan kawasan khususnya sungai deli.

    Pada Sabtu, 28 Oktober 2016, Sekolah Sungai Go River Indonesia diikuti oleh pramuka SMA Dharmawangsa Medan, dengan tema Pramuka Peduli Sungai Deli. Dalam kegiatan ini puluhan anggota Pramuka dari SMA Dharmawangsa mendapatkan pengetahuan terkait Sungai Deli yang sudah mulai dilupakan oleh sebagian kaum muda Kota Medan. Kegiatan sekolah sungai ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah sebelumnya diikuti oleh siswa SMA Methodist Tanjung Morawa.

    Pengetahuan tentang sungai adalah salah satu materi yang diberikan di sekolah sungai Go River Indonesia. Selain teori kelas, peserta juga mengamati secara langsung dan menyusuri sungai. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman peserta terhadap sungai dan khususnya sungai deli.

    Oza, seorang anggota pramuka SMA Dharmawangsa mempertanyakan bagaimana peran pemerintah terhadap Sungai Deli. "Jadi untuk peran pemerintah terhadap sungai itu seperti apa?" tanyanya kepada para relawan Go River Indonesia.

    Regulasi sungai ada beberapa stakeholder yang menangani masalah Sungai Deli, karena banyaknya regulator sehingga perannya tumpang tindih. "Harapannya agar, pemerintah mempunyai kebijakan yang kuat terhadap sungai di Kota Medan, terutama Sungai Deli, juga para regulator saling bersinergi" ujar Ahmad Hakiki, Direktur Eksekutif Go River Indonesia.

    Program sekolah sungai merupakan program  yang ditujukan sebagai wadah belajar langsung di sungai. Agar masyarakat mengenal sungai deli kemudian melihat situasi di sungai.

    "Dengan adanya kegiatan ini, harapannya semakin banyak anggota-anggota pramuka dan sekola-sekolah di  Kota Medan yang ikut berpartisipasi dalam sekolah sungai yang digelar oleh Go River Indonesia," pungkasnya. (drs)

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email