• Breaking News

    Tuesday, November 8, 2016

    Hak Paten Kopi Mandailing Sudah Keluar

    Tobapos -- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumhan RI)   keluarkan hak paten kopi Mandailing.   Penyerahan hak paten  / sertifikasi indikasi geografis kopi Arabika Sumatra Mandailing ini dilaksanakan di gedung Graha Pengayoman Kemenkum HAM RI.

    Sertifikasi tersebut langsung  diserahkan oleh Menteri Kemenkumham RI, Yasona Laoly kepada Bupati Mandailing Natal, Drs.Dahlan Hasan Nasution dan  ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Georafis (MPIG) Kopi Arabika Sumatra Mandailing Ir.Zubeir Lubis, Kamis.

    Ketua MPIG Mandailing Natal, Ir Zubeir Lubis kepada wartawan  melalui telpon selulernya mengatakan, keluarnya hak paten tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk kemajuan bagi masyarakat Mandailing Natal yakni mengembalikan kembali nama besar kopi Mandailing.

    "Setelah melalui perjalanan panjang akhirnya hak paten/ sertifikasi kopi mandailing resmi menjadi milik kita. Sehingga kedepannya kita harapkan kerjasama dengan segala lini terutama Pemkab Madina dalam memajukan kopi kita ini" katanya dilaporkan antarasumut.com.

    Sementara itu,  Bupati Madina,  Drs Dahlan Hasan Nasution dalam keterangan persnya menyampaikan,  merasa bersyukur atas diraihnya hak paten atas kopi  tersebut. Untuk itu  dirinya  mengharapkan dengan dikeluarkannya sertikasi  ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian  masyarakat khusunya para petani, penggiat serta  pebisnis kopi.

    “ Dengan diraihnya Hak Paten ini kedepannya  kita dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas,  rasa, dan  produksi unggulan ini  di Mandailing natal karena ini juga merupakan upaya didalam menyejahterakan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan menuju Agrowisata dan Agro Foresteriy yang sustainable,” ujarnya

    Untuk mempertahankan aroma dan kwalitas kopi tersebut  kedepannya Pemerintah Daerah akan mengupayakan penggunaan teknolgi yang modern didalam pengolahannya  sehingga nantinya menjadi  lebih menarik, enak dan sehat sesuai tuntutan pasaran Internasional.  (adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email