• Breaking News

    Friday, November 18, 2016

    Humas Kemnaker Komitmen Bangun Reputasi Pemerintah

    Tobapos -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar acara Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional pada 17-19 November 2016 di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat. Pertemuan ini bertujuan untuk membangun sinergi dan koordinasi antar lembaga komunikator pemerintah beserta komunitas informasi dalam mendukung komunikasi publik. Keberadaan Humas menjadi garda paling depan dalam pelayanan informasi Kementerian/Lembaga (K/L) kepada masyarakat.

    Acara ini mengangkat tema “Membangun Reputasi melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi” untuk menunjukkan betapa kinerja Humas K/L akan sangat berpengaruh kepada reputasi pemerintah.  Menteri Komunikasi dan Informastika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan bahwa untuk membangun reputasi pemerintah maka K/L perlu menekan egosektoral dan mau membuka diri untuk turut mengamplifikasi berita positif dari K/L lain.

    “Egosentris di humas kementerian harus ditekan. Implementasi Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik adalah salah satu cara untuk menekan egosektoral. Kini tiap kanal kementerian harus memiliki ruang untuk publikasi capaian kementerian lain,” kata Menkominfo ketika menyampaikan sambutannya melalui video teleconference (17/11).

    Humas juga dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Strategi kehumasan harus inovatif dan dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat. Bahasa komunikasi birokrat yang biasanya kaku, harus bisa dikemas semenarik mungkin.

    Peserta yang hadir di hari pertama diperkirakan lebih dari 500 orang yang terdiri dari: Humas K/L/D, Dinas Kominfo, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi Media Tradisional, Blogger, media massa dan masyarakat luas. Turut hadir dalam acara, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Helmiaty Basri. Ia mengatakan bahwa Humas Kemnaker juga turut melakukan inovasi di bidang kehumasan dengan mengemas informasi-informasi seputar Kemnaker dalam konten-konten kreatif seperti kultweet, siaran pers, infografis, dan videografis. Selain itu, kanal-kanal publikasi milik Kemnaker juga tidak segan untuk mempublikasikan capaian milik K/L lain.

    “Jika bukan kita yang menginformasikan capaian pemerintah kepada masyarakat, lalu siapa lagi? Kalau kita harus publikasikan capaian kementerian lain ya tidak masalah, justru harus saling bantu, agar gaungnya semakin besar,” jelas Helmiaty.

    Acara Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional 2016 terdiri atas agenda forum tatap muka, diskusi panel, Festival Media Pertunjukan Rakyat, Sarasehan KIM, Apresiasi Anugerah Media Humas (AMH), Pameran dan Kunjungan Budaya.  (adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email