• Breaking News

    Tuesday, December 6, 2016

    NASA Konfirmasi Penelitian Mesin EM Drive yang Bisa Capai Mars dalam 70 Hari


    Tobapos -- Setelah sempat diwarnai beragam spekulasi dan kabar burung, lembaga antariksa NASA akhirnya secara resmi merilis kertas hasil penelitian mengenai EM Drive pada hari Kamis (17/11/16). Hasil penelitian tersebut dimuat di situs Aerospace Research Central dan memaparkan bagaimana EM Drive secara teoritis bisa bekerja.

    EM Drive atau lengkapnya Electromagnetic Drive (Kemudi Elektromagnetik) adalah sistem pendorong kendaraan yang pertama kali diajukan oleh ilmuwan Inggris, Rogers Shawyer, pada tahun 1999 silam. Konsep dari sistem ini adalah menggunakan gelombang mikro yang terpantul bolak balik dalam suatu rongga logam berbentuk kerucut untuk menghasilkan tenaga pendorong.

    EM Drive terlihat menjanjikan karena sistem ini jauh lebih efisien dibandingkan mesin roket konvensional. Menurut Shawyer, wahana luar angkasa yang menggunakan EM Drive bisa mencapai Mars dari Bumi hanya dalam waktu 70 hari. Sebagai perbandingan, situs Universe Today memaparkan kalau suatu wahana luar angkasa memerlukan waktu antara 150 hingga 300 hari untuk sampai ke Mars dengan teknologi yang tersedia sekarang, dilaporkan harianbernas.com

    EM Drive sendiri bukan tanpa kontroversi. Konsep dari EM Drive bertentangan dari Hukum Ketiga Newton yang menyatakan kalau suatu sistem hanya bisa menghasilkan daya dorong jika ada aksi dan reaksi antar benda yang setara. Itulah sebabnya setiap mesin memerlukan bahan bakar sebagai pemberi gaya pertamanya. Namun EM Drive dalam konsepnya sama sekali tidak menggunakan bahan bakar.

    Astronom Patrick Neumann yang pernah mendesain mesin pendorong ion menyatakan kalau ia tertarik dengan ide EM Drive walaupun ia tidak mengesampingkan fakta bahwa konsep EM Drive bertentangan dengan hukum-hukum fisika yang sudah diketahui manusia. Neumann menambahkan bahwa cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman paling akurat mengenai EM Drive adalah membangun mesin yang menggunakan konsep demikian dan menguji cobanya secara langsung di luar angkasa yang tidak terpengaruh oleh medan magnet bumi.  (adm)

    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email