• Breaking News

    Friday, February 10, 2017

    KKM Panyabungan Kembangkan Alat Musik dan Ulos Mandailing

    Tobapos --  Selain bergerak didalam pengembangan alat-alat musik khas daerah  Mandailing,  Kampung Kaos Madina (KKM) juga kembangkan kain tenun khas daerah yakni Ulos Mandailing.

    Ulos Mandailing terkenal memiliki karakter yang khas dalam memainkan garis dan lengkung, juga warna, bila dibandingkan dengan ulos Batak Toba.

    Menggunakan warna merah yang lebih cerah, dan banyak didominasi oleh pernak-pernik putih. Motif yang digunakan erat kaitannya dengan bindu, yakni motif pada bagian penampang atap Bagas Godang.

    Tentu juga dengan makna yang sama sebagai simbol-simbol filosofi budaya yang melekat pada bangsa Mandailing.

    “Dimana dulunya  orang Mandailing mendapatkan Ulos diluar Madina kini sudah ada kita produksi disini,” sebut Sobir Lubis, di Panyabungan, dilaporkan antarasumut.com.

    Ia mengatakan, pengembangan ini dilakukan selain upaya didalam membangunkan kembali ruh penguatan entitas Mandailing juga sebagai upaya didalam menyerapan tenaga kerja, dan menghidupkan ekonomi kreatif berbasis home industri.

    “Sekurang-kurangnya, dengan penggunaan  teknologi tenun sederhana ini, orang akan terbangun pola pikirnya bahwa kita sebagai bangsa Mandailing juga punya sejarah dan keterampilan yang amat bermarwah menyangkut pesona kebudayaan kita dalam berbusana,” sebutnya.


    Dia menyebutkan, selembar kain bukan sekedar penutup aurat dalam konteks iman, tetapi juga merupakan sebuah percikan budaya berbangsa.

    Karena dalam bahan, motif, pola, dan warna benang yang digunakan, itu semua bagian dari filosofi dan cara pandang kita terhadap manusia dalam kebudayaan. Pola berbusana adalah sebuah entitas adat dan budaya semua bangsa.

    “Saya berharap dengan  konsep ini kecintaan kita terhadap budaya Mandailing semakin bertambah,” harap Sobir.  (adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email