• Breaking News

    Wednesday, March 29, 2017

    Perancis Tawarkan Pesawat Tempur ke Malaysia

    Tobapos -- Presiden Perancis Francois Hollande hari Selasa (28/3) berusaha melobi penjualan pesawat tempur 'Rafale' kepada Malaysia, tetapi Perdana Menteri Najib Razak mengatakan pemerintahnya belum siap untuk membeli pesawat tersebut.

    Najib mengatakan ia dan Hollande membicarakan pembelian peralatan pertahanan dalam pembicaraan mereka, tetapi bahwa “Malaysia belum siap untuk mengambil keputusan” mengenai Rafale, yang dibuat oleh pabrik Perancis Dassault Aviation.

    Malaysia ingin menggantikan armada pesawat tempur MiG-29 buatan Rusia dan sedang mempertimbangkan Rafale serta pesawat tempur lain termasuk Eurofighter Typhoon.

    Hollande, yang tiba hari Senin (26/3) dalam rangka perlawatan ke kawasan itu untuk memperkuat hubungan dengan Asia, mengatakan Rafale adalah “pesawat tempur jet yang terbaik dalam kategorinya.”

    “Saya tahu anda akan mengambil keputusan dan dengan latar belakang itu, kami ingin menyediakan dukungan yang diperlukan. Para menteri kami siap bekerja untuk memberi dukungan,” katanya dalam jumpa pers bersama dengan Najib.

    Najib juga mengatakan bahwa Kelompok PSA Perancis sedang mengadakan pembicaraan dengan paberik mobil nasional Malaysia Proton mengenai kemungkinan bermitra, tetapi tidak memberi keterangan lebih jauh. Proton sedang mencari mitra asing untuk mengubah nasibnya dan diperkirakan akan mengeluarkan pengumuman bulan Mei.

    Hollande adalah presiden kedua Perancis berkunjung ke Malaysia setelah kunjungan Jacques Chirac tahun 2003.

    Perancis adalah mitra dagang Malaysia yang ke-4 terbesar di Uni Eropa, dengan perdagangan antara kedua negara berjumlah 15,2 milyar ringgit atau $3,4 milyar tahun lalu, kata para pejabat.

    Hollande kemudian menganugerahkan medali Commander of the Legion of Honor, penghormatan tertinggi yang dianugerahkan kepada warga-negara yang bukan Perancis, kepada aktris Michelle Yeoh pada upacara di kedutaan Perancis. Yeoh, 54 tahun, terkenal atas perannya dalam filem James Bond tahun 1997 “Tomorrow Never Dies” dan filem laris tahun 2006 “Crouching Tiger, Hidden Dragon.”

    Dari Malaysia, Hollande terbang ke Indonesia hari Selasa yang juga merupakan persinggahan terakhir perlawatannya. (voa/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email