• Breaking News

    Saturday, March 25, 2017

    Presiden @Jokowi: #JBMI Sumber Kekuatan Bangsa #IndonesiaMartamiang

    Tobapos -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan menghadiri Silaturahmi Nasional Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) di Pondok Pesantren Musthafawiyah, Purba Baru, Sabtu (25/3). Setelah sebelumnya meresmikan pembangunan asrama haji di Kabupaten Mandailing Natal. Sumatera Utara,

    Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman. Di mana terdapat 714 suku dan 1.100 lebih bahasa lokal. Dia menilai hal itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada bangsa Indonesia.

    "(Misalnya) suku tidak ada yang sebesar Indonesia, macam-macam. Inilah kemajemukan yang harus dijaga bersama-sama agar bisa menjadi potensi besar," katanya.

    Era sekarang ini, lanjut Jokowi, organisasi Islam seperti JBMI dapat menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia dan dengan bersatu bisa mewujudkan pemerataan ekonomi.

    "Saya berharap JBMI mampu memperkuat toleransi terhadap perbedaan untuk Indonesia," jelasnya.

    Lebih lanjut, Jokowi berharap JBMI bisa memperkuat penerapan budaya Batak. Dia meyakini banyak budaya dan nilai-nilai luhur budaya Batak sejalan dengan nilai Islam Rahmatan Lil Alamin yang berarti pemberi rahmat bagi semua.

    "Saya yakin budaya di sini tidak menyukai ujaran kebencian, tidak menyukai caci maki seperti yang sering kita lihat di media sosial, umpatan, fitnah, saling menjelekkan, saling mencela," tutur Jokowi.

    Diapun mengapresiasi Ponpes Musthafawiyah, tempat dibesarkannya JBMI, yang tetap mempertahankan jati diri dan karakter di antara pengaruh modernitas dan kemajuan saat ini, di antaranya dengan mengutamakan pengajar lulusan sendiri dan mempertahankan rumah-rumah khasnya.

    "Ini adalah sebuah karakter, inilah sebuah identitas, inilah sebuah jati diri baik di tingkat daerah, di tingkat nasional yang harus terus kita angkat. Salah satu jawaban mengapa Pesantren Musthafawiyah itu bisa bertahan karena berkah dari ilmu yang telah diajarkan sejak dahulu," jelas Jokowi.

    Seperti diketahui, JBMI saat ini berkantor di Rawamangun, Jakarta dengan Ketua Umum H. Albiner Sitompul dan Sekjen Arif Rahmansyah Marbun. (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email