• Breaking News

    Sunday, June 25, 2017

    Oleh-Oleh Ramadhan: Tradisi Marcolok

    Tobapos -- Ada sebuah tradisi yang sejak dahulu kala hingga saat ini yang terus dilakukan oleh anak-anak di kabupaten Mandailing salah satunya adalah tradisi Marcolok (menyalakan lampu obor)  oleh anak-anak dimalam 27 Ramadhan.

    Aktifitas menyalakan lampu obor yang terbuat dari bambu ini  dapat ditemukan hampir  diseluruh desa yang dikabupaten Mandailing Natal.

    Seperti misalnya yang dilakukan anak-anak desa Iparbondar kecamatan Panyabungan dimalam 27 Ramadhan tahun ini. Para anak-anak merayakan malam 27 Ramadhan didesa tersebut diwarnai dengan penyalaan obor oleh puluhan anak-anak dengan mengelilingi kampung  sambil melafazdkan Sholawat kepada nabi Muhammad Saw.

    "Setiap malam 27 Ramadhan penyalaan obor  dilakukan,  dan  sangat menyenangkan sekali, " ujar Amin salah satu anak yang ikut dalam kegiatan itu kepada ANTARA,  Rabu.

    Ia mengatakan,  kegiatan ini merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak desa tersebut,  karena selain dapat bersilaturrahmi dengan sesama teman sebaya juga merupakan ajang bermain bagi mereka.

    "Senang sekali rasanya dapat bermain obor sambil mengelilingi kampung, " ujarnya.

    Dalam tradisi penyalaan obor ini tak jarang juga ditemukan sejumlah anak-anak yang bermain lilinan didepan rumahnya masing-masing sambil berkumpul dengan para sahabat-sahabatnya.  (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email