• Breaking News

    Wednesday, June 21, 2017

    Pelaku Kriminal, Pencopet dan Pengedar Uang Palsu Intai Pemudik, Begini Cara Cegah

    Tobapos -- Satu hal yang dikhawatirkan oleh para pemudik adalah pelaku kriminal, pencopet dan pengedar uang palsu yang ingin memanfaatkan suasana mudik dan lebaran.

    Simpan nomor-nomor penting pihak kepolisian di tempat yang anda lalui atau tuju untuk menjaga-jaga bila anda menjadi korban. Kenali dan pelajari cara membedakan uang palsu (upal) dalam setiap transaksi di perjalanan atau di tempat tujuan. Khususnya bagi anda yang tetap berdagang di masa-masa mudik.

    Untuk menghindari diri dari korban pencopetan, silahkan ketahui beberapa fakta berikut;

    Jangan pernah meremehkan copet. Copet bisa dilakukan di tempat yang bonafid yang menurut orang bersih dari tindak kriminalitas. Aksi copet bisa dilakukan oleh orang yang tidak anda kira seperti anak kecil, ibu-ibu, monyet, nenek-nenek, teman sendiri, satpam, orang lugu, cowok ganteng, cewek cantik, dan lain-lain.

    Benda-benda sasaran para copet:

    – Dompet
    – Telepon genggam / hp
    – Uang
    – Perhiasan
    – Ipod/MP3 Player
    – Barang elektronik
    – Perhiasan
    – Dan macam-macam barang berharga lainnya

    Yang pasti copet tidak akan perduli akan nasib anda setelah dicopet. Pencopet akan membuang dompet dan tas anda setelah mengambil uang atau barang berharga lainnya untuk menghilangkan jejak. Pelajari modus-modus para copet dari situs web organisasi.org ini dan hindari aksi copet dengan tidak mengundang perhatian copet.

    Beberapa metode atau modus pencopet dalam menjalankan kejahatannya:

    – Berlagak muntah, temannya menggerayang barang kita
    – Belagak ikut turun dari bis sambil buka-buka tas kita dari belakang
    – Berlagak mendesak-desak kita dalam kerumunan
    – Mengajak ngobrol panjang lebar, temannya beraksi dibelakang kita
    – Merobek tas atau celana kita dengan silet / benda tajam
    – Tangan copet langsung merogoh kantong kita saat masuk kendaraan umum ramai
    – Beraksi saat kita tertidur lelap dalam bis / kereta / dsb

    Tips cara mengurangi resiko kecopetan pada barang berharga anda :

    1. Buat tempat menyimpan barang berharga anda selain di kantong, di saku, di dompet, di tas, dll yang tidak terpikirkan oleh para copet seperti membuat saku di perut yang tidak terlihat dari luar, di pakain dalam / pelapis, dsb.

    2. Jangan taruh kartu identitas, kartu atm dan surat berharga lain di dalam dompet agar jika dompet kecopetan barang anda tidak hilang semua. Yang pasti capek deh kalau harus mengurus ktp, sim, atm, karpeg, kartu kredit, dsb dalam satu waktu.

    3. Gunakan pakaian yang kantong atau sakunya ketat dengan bahan yang tidak mudah robek disilet seperti celana jeans agar si pencopet kesulitan memasukkan tangan ke dalam saku celana.

    4. Taruh atau gantungkan tas anda pada bagian depan tubuh anda di daerah yang mudah terlihat mata dan dapat anda lindungi dengan tangan anda.

    5. Simpan uang cadangan di bagian lain agar apabila copet mencopet dompet anda, anda masih bisa pulang dengan uang cadangan tersebut.

    6. Persulit copet dalam mencopet barang pribadi berharga anda seperti misalnya dengan rantai besi, saku celana berrisleting atau berkancing, menaruh barang di pakaian bagian dalam (pakai jaket), dsb.

    7. Jangan undang perhatian copet dengan handphone yang berjendol di saku celana, uang yang terlihat menyembul dari saku, saku yang longgar mudah dijangkau tangan kosong, dll.

    8. Waspada selalu ketika berada di tempat ramai atau kerumunan orang walaupun di tempat yang anda rasa aman.

    9. Jebak copet dengan dompet yang tidak berisi, ponsel mainan, dan lain sebagainya. Simpan barang yang asli di tempat yang sulit dijangkau para copet.

    10. Berdoalah kepada Allah SWT agar anda dilindungi dari aksi jahat para pencopet yang pengecut serta anda selamat dari berbagai marabahaya lain di perjalanan.

    Copet tidak mengenal belas kasih dan pilah-pilih korban. Selama ada kesempatan, maka mereka akan mencoba beraksi meraup rezeki yang haram. Hati-hati pula jika mau mengganyang gerombolan copet karena malah bisa kita yang difitnah atau digebuki tanpa ampun, lalu pergi begitu saja. Perluas wawasan anda atas modus-modus pencopet dari media massa. (sumber/adm)


    Adv: Yuk, Belanja Online di POP Shop

    No comments:

    Post a Comment

    loading...


    Blog Tobasiana

    Tentang Kami

    Www.TobaPos.Com berusaha menyajikan informasi yang akurat dan cepat.

    Pembaca dapat mengirim rilis dan informasi ke redaksi.dekho@gmail.com

    Indeks Berita

    Follow by Email